Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Catatan Media Fam Trip HUT ke-19 Riauterkini (2),
Saat Ringgit Belum Ditukar, Sementara Toilet Harus Dibayar

Riauterkini-MALAYSIA* - Kegiatan Media Fam Trip HUT ke-19 Riauterkini.com di Malaysia sukses digelar 19-22 Januari lalu. Banyak cerita tentang 4 hari di negeri jiran tersebut.

Salah satunya, ketika rombongan berkunjung Melaka di hari kedua, Jumat (20/1/2023), salah satu negara bagian di Malaysia.

Menggunakan agen jasa antar jemput wisata, rombongan Riauterkini.com yang berjumlah 11 orang itu tiba di kota tua Melaka, jelang tengah hari.

Rombongan langsung diarahkan ke sejumlah tempat wisata sejarah di Melaka, seperti Melaka Heritage, Stadthuys si Bangunan Sejarah Warna Merah, Christ Church Melaka, A Famosa, bangunan klasik gaya Eropa, Malaka Straits Mosque (Masjid Selat Malaka), Maritime Museum Melaka dan Kawasan Perbelanjaan Dataran Pahlawan.

Begitu turun dari mobil, rombongan langsung foto-foto dengan latar belakang bangunan tua yang dicat warna bata. Semua bangunan itu berusia lebih dari seratus tahun dan terawat dengan sangat baik.

Ada hal lucu yang saya alami di kota tua bersejarah ini. Cukup untuk jadi bahan cerita bagi anak-anak saya kelak. Dapat pula dijadikan pelajaran bagi pembaca yang baru pertama kali ke luar negeri, agar tak mengalami apa yang saya alami ini.

Ketika itu, saya kebelet buang air kecil. Saya kebingungan, bukan karena susah mencari toilet, tetapi belum mempunyai uang ringgit Malaysia, karena belum sempat menukarnya di money changer (tempat penukaran uang).

Di area wisata tersebut, masuk toilet harus bayar RM0,10 (10 sen). Saya mengajak dua teman yang sama-sama belum menukarkan uang rupiah ke uang ringgit untuk mencari money changer.

Satu persatu tempat money changer didatangi, tetapi tidak ada satupun yang masih buka. Pasalnya, sebentar lagi memasuki waktu Shalat Jumat. Hampir semua toko tutup, termasuk objek wisata setempat.

Antara kebelet ingin buang air kecil dan masih ingin mencari tempat money changer, kami tiba-tiba dipanggil untuk berkumpul bersama rombongan. Karena, akan bertolak ke masjid untuk Shalat Jumat.

Setelah menceritakan keinginan untuk mencari tempat penukaran uang, sopir pemandu wisata kami Vella, beritikad baik membantu mencari tempat penukaran uang.

Setelah ditanya ke beberapa orang di sana, Vella mengarahkan mobilnya ke salah satu tempat money changer dengan harapan tempat tersebut masih buka.

Setelah masuk ke tempat money changer tersebut, kami disambut oleh dua petugas perempuan. Dan kami menyampaikan maksud untuk menukarkan uang rupiah ke uang ringgit.

"RM1 sama dengan Rp3.640 ya Ncik," kata petugas itu.

Kami langsung iya kan, dan menukarkan uang rupiah kami di tempat tersebut. Lega rasanya, karena sudah memiliki uang ringgit.

Tetapi adzan shalat jumat sudah menggema, kami buru-buru masuk ke dalam mobil. Berjarak sekitar 5 kilometer sampailah kami ke masjid Selat Melaka, tepat di pinggir laut Selat Melaka.

Masjid itu gagah berdiri di tepi pantai, menjorok ke laut sehingga kita dapat melihat ombak berikan ke tepia . Sudah ramai terlihat orang shalat di sana. Tanpa pikir panjang, saya langsung mencari toilet untuk membuang air kecil.

Sudah mengambil wudhu, langsung masuk ke masjid. Namun hanya sampai teras masjid, karena di dalamnya jamaah sudah penuh.

Khatib menyampaikan khutbah tentang bagaimana masyarakat tidak terpengaruh dengan isu-isu yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Apalagi hidup di negeri yang mempunyai agama yang majemuk, tolak ansur harus dikedepankan," katanya.

Kemudian, Khatib itu juga berpesan agar selalu mendoakan pemimpin, supaya diberikan kekuatan, kesabaran dan selalu istiqomah dalam memimpin negeri yang besar ini.

Setelah melaksanakan Shalat Jumat, rombongan menyempatkan diri untuk istirahat sebentar di kantin di kawasan masjid tersebut, sekalian memanfaatkan momen itu untuk berfoto-foto. Banyak spot yang sangat bagus untuk diabadikan di sekitar masjid itu.

Setelah itu, rombongan menuju tempat makan siang, di rumah makan di Asam Pedas Selera Kampung, tempatnya masih di areal wisata kota tua Melaka itu.

Soal rasa, tidak jauh berbeda dengan rasa bumbu-bumbu yang ada di masakan orang Riau. Rasa makan masakan Mak sendiri.

Siap makan, rombongan langsung menuju destinasi berikutnya dan yang terakhir di pasar aneka kerajinan tangan di depan Maritime Museum Melaka.

Sebagaimana ditulis sebelumnya, dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-19, Riauterkini.com menggelar rangkaian sejumlah acara. Seperti memberikan santunan anak yatim, memberikan sembako kepada warga, hingga Kru Riauterkini.com berangkat ke Malaysia untuk kegiatan media Fam Trip Malaysia 2023.

"Tujuannya, refreshing untuk Kru Riauterkini.com sekaligus silaturahmi, dan membahas sejumlah proyeksi media untuk tahun 2023 ini," kata Pimpinan Redaksi Riauterkini.com Ahmad S Udi.

Usai mengelilingi Malaka, kota berusia ratusan tahun dan menyimpan banyak sejarah itu, sekira pukul 18.00 waktu setempat, rombongan bertolak kembali ke Kuala Lumpur. Kalau saat berangkat pagi tadi banyak yang bersuara dalam mobil membahas ini itu, perjalanan pulang ini relatif sepi. Semua sudah kelelahan. Besok masih ada destinasi yang akan didatangi. Stamina harus dijaga. Oke, mari kita kembali ke hotel. (Bersambung) ***(adji)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023