Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Dilengkapi Fasilitas Outbond, Ini Dia Pesona Danau Tajwid Pelalawan

Riauterkini-PELALAWAN - Lokawisata di Kabupaten Pelalawan, Riau, tidak hanya ombak Bono, Istana Sayap, dan Suaka Margasatwa Kerumutan. Namun, ada pula yang tiada kalah memesona, yaitu Danau Tajwid.

Danau Tajwid terletak di Kecamatan Langgam. Lokasinya tidak jauh dari Ibu Kota Pelalawan, yakni Kota Pangkalan Kerinci. Jika ditempuh dari Pangkalan Kerinci jaraknya 32 kilometer atau bisa menghabiskan waktu lebih kurang 45 menit.

Sementara, jika ditempuh dari Ibu Kota Provinsi Riau (Pekanbaru), jaraknya berkisar 65 km atau 1 jam 30 menit berkendara mobil atau motor. Meski jarak tempuh lebih lama, aksesibilitas jalan di sana beraspal mulus.

Harga tiket masuk ke destinasi Danau Tajwid Rp 50 ribu. Pengunjung sudah bisa menikmati seluruh fasilitas outbond dan menikmati seluruh wahana permainan. Namun, jika hanya ingin mencoba fasilitas ourbond pengunjung cukup membayar Rp 10.000 per orang.

Di Danau Tajwid, wisatawan bisa menikmati pemandangan danau di tengah hamparan pepohonan besar yang masih asri. Tidak hanya itu saja, ada pula beragam wahana permainan yang bisa menjadi sarana atraksi permainan. Total ada 32 jenis permainan yang bisa dinikmati, seperti outbond, bebek dayung, flying fish, dan speed boat.

Di kawasan tersebut, pelancong juga bisa melihat aktifitas nelayan di rumah rakitnya. Kearifan lokal di sini masih sangat terjaga. Alam terkembang menjadi guru, mengajarkan nilai-nilai menjaga lingkungan.

Kawasan destinasi Danau Tajwid seluas 22 Hektar ini dikelilingi dan dialiri oleh sungai Kampar dan sungai Langgam. Jika ada wisatawan yang hobi memancing danau ini bisa menjadi lokasi alternatif pilihan.

Di danau ini, terdapat berbagai jenis ikan seperti ikan patin, baung, selais, pantau, tapah, toman, gabus dan tuakang. Wisatawan juga bisa menyewa perahu kayu bermotor atau pompong milik nelayan setempat. Biaya sewanya berkisar Rp300 ribu per hari.

Danau Tajwid juga memiliki agenda wisata religi. Acaranya dikemas dalam acara Balimau Potang Mogang, diadakan setiap tahun ketika menyambut bulan suci Ramadan. Konon kegiatan ini, bertujuan untuk mensucikan diri dalam menambut puasa.



Warga Kota Pekanbaru bernama Rahmat Effendi, mengungkapkan keindahan Danau Tajwid. Menurutnya, lokawisata itu menyajikan pesona alam yang tidak bisa dijumpai di Pekanbaru.

Hamparan pepohonan besar masih bisa ditemui di kawasan wisata itu. Suara kicauan burung dan aktifitas nelayan mencari ikan menjadi pemandangan yang unik. Jika beruntung akan telihat monyet dan burung elang.

"Untuk melepaskan penat dari hiruk pikuk di tengah kesibukan pekerjaan di Pekanbaru, objek wisata Danau Tajwid bisa menjadi referensi atau alternatif pilihan berwisata. Suasananya masih asri, cocok sembari membawa pasangan, teman, bahkan keluarga. Ustadz Abdul Somad (UAS) pernah hadir menyampaikan tausyiah di sini," ucap Rahmat Effendi.

Pehobi mancing bernama Aidil mengatakan, lokasi mancing di Danau Tajwid berpotensi dihuni ikan sungai berbobot raksasa. Namun, untuk mendapatkannya harus memakai trik khusus, umpan jitu, hingga memperhatikan waktu yang tepat.

"Danau Tajwid dilintasi Sungai Kampar, Langgam. Jika ingin memancing di sana harus sabar, memakai umpan jitu dan memperhatikan waktu yang pas. Biasanya sore menjelang malam hari atau subuh hingga waktu matahari terbit, ikan patin dan baung besar mau menyambar," ucapnya.

Sementara, Kepala Dinas Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengakui, bahwa sektor pariwisata di Pelalawan terus tumbuh dan berkembang. Hal ini tak lepas dari komitmen pemerintah daerah setempat dan dukungan insan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), pelaku UMKM yang terus menumbuhkembangkan keberadaan kepariwisataan.

"Pelalawan terus membuktikan komitmen untuk memajukan sektor parekraf. Kondisi ini terbukti dengan tumbuhnya sejumlah destinasi wisata, mulai dari destinasi wisata buatan manusia, alam, budaya, hingga destinasi wisata kuliner," kata Roni, Rabu.

Selain itu, kata dia, pengelolaan destinasi wisata di Pelalawan diakui mampu memikat wisatawan dari luar daerah. Destinasi minat khusus di sana berkontribusi meningkatkan jumlah pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

"Semoga pertumbuhan sektor pariwisata di Kabupaten Pelalawan berdampak positif pada masyarakat setempat dan UMKM," tandas Roni.***(mcr/red)

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Kamis, 08 Pebruari 2024

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang

Bawaslu dan KPU Kampar Sosialisasikan Tata Cara Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Cegah Money Politik di Minggu Tenang, Bawaslu Kampar Lakukan Patroli Pengawasan

Advertorial
Kamis, 14 Desember 2023

Tangkal Hoaks Pemilu 2014, Bawaslu Riau Bentuk Tim Fasilitasi Pengawas Konten Internet

Antisipasi penyebaran informasi hoax Pemilu 2024, Bawaslu Riau bentuk Tim Fasilitasi Pengawasan Konten Internet (Siber)

Advertorial
Senin, 20 Nopember 2023

APBD Pekanbaru 2024 Disahkan Rp2,825 T, Waka DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Program Prioritas Harus Dilanjutkan

APBD Pekanbaru 2024 Telah Disahkan Sebesar Rp2,825 T. Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Tengku Azwendi Fajri Tegaskan, Program Prioritas Harus Dilanjutkan.

Galeri
Selasa, 13 Pebruari 2024

H-2 Pemilu 2024, Bawaslu Kampar Pererat Sinergitas Bersama Forkopimda dan Insan Pers

Bawaslu Koar mengundang Forkopimda dan imsan pers. Perkuat sinergi jelang dia hari Pemilu 2024.

Advertorial
Rabu, 15 Nopember 2023

Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama Ikut Aksi Tanam 10 Juta Pohon

Diluncurkan Gerakan Menanam 10 JUta Pohon. Berikut ini galeri foto kegiatan yang dihadiri Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ginda Burnama.

Berita Lainnya

Jumat, 23 Pebruari 2024

Disdukcapil Kembali Lanjutkan Kerjasama dengan Queen Siak Waterpark


Jumat, 23 Pebruari 2024

Direksi BRK Syariah Optimis Kinerja Bank Terjaga dan Tumbuh dengan Baik


Jumat, 23 Pebruari 2024

Ini Prediksi 40 Caleg Duduk di DPRD Siak 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Susiana Tabrani Resmikan Gedung Budaya Berpikir Asrama SMK Abdurrab


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rehab RTLH Upaya TMMD Kodim 0322/Siak Beri Perlindungan Sosial ke Masyarakat


Jumat, 23 Pebruari 2024

Tiga Pencuri 31 Tiang Lampu Kota Ditangkap Polisi Rohul, Tiga Lainnya Buron


Jumat, 23 Pebruari 2024

Raih Suara Terbanyak, Wahid Layak Bertarung di Pilgubri


Jumat, 23 Pebruari 2024

Berkas Penyidikan Kasus TPPU Investasi Bodong Cimory & Kanzler Dinyatakan Lengkap


Jumat, 23 Pebruari 2024

Sah! APBD Kuansing 2024 Rp1,5 Trilun


Jumat, 23 Pebruari 2024

Syahril Abubakar Minta Dualisme Kepengurusan Segera Diselesaikan DKA LAMR


Jumat, 23 Pebruari 2024

Dapat Kucuran Rp42 Miliar, Kementerian PUPR Tinjau Ruas Jalan Sako - Sei Lansat, Kuansing


Jumat, 23 Pebruari 2024

Rusidi Rusydan Ketua KPU Riau 2024-2029


Jumat, 23 Pebruari 2024

Hingga Akhir Lebaran, Bulog Jamin Persediaan Beras di Inhu Aman


Kamis, 22 Pebruari 2024

Laga Kambing, Seorang Pemotor di Bengkalis Tewas di Tempat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Alat Berat Disita,
Kejari Rohil Tuntut Dua Operator Ekskavator Ilegal Ini 2 Tahun Penjara


Kamis, 22 Pebruari 2024

Musrenbang, Pemkab Prioritaskan Jalan Lintas Siak-Sungai Mandau


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kerusakan Jalan di Batang Cenaku Inhu Telan Korban Jiwa


Kamis, 22 Pebruari 2024

Jalan Lintas Batang Cinaku Rusak Parah, Pemprov Riau Turunkan 4 Alat Berat


Kamis, 22 Pebruari 2024

Tingkatkan Produksi Pertanian dan Peternakan, Dinas TPHP Bengkalis Siapkan Program Prioritas


Kamis, 22 Pebruari 2024

Kanwil Kemenkumham Riau Raih Peringkat Pertama IKPA dan Peringkat Kedua Realisasi TA 2023