Logo RTC
Logo AMSI
Logo HUT RTC Ke 20
 
Pemkab Pelalawan Apresiasi Dalam Meningkatkan Komitmen K3 di PT RAPP

Riauterkini-PELALAWAN - Pemkab Pelalawan melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten mengungkapkan apresiasinya pada PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atas pelaksanaan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di perusahaan tersebut. Menurutnya, gelaran apel Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang rutin dilaksanakan di PT RAPP menandakan perusahaan tersebut selalu komitmen dalam menjaga K3.

"Kami sangat apresiasi atas pelaksanaan Peringatan K3 Nasional tingkat kabupaten yang dilaksanakan di PT RAAP. Kita juga apresiasi atas penghargaan yang diberikan Bupati pada tiap departemen di PT RAPP dalam menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di tiap departemen," ungkap Kadisnaker Pelalawan, T Amri Fuad, Kamis (26/1/2023).

Dia menyatakan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) merupakan salah satu aspek penting dalam lingkungan perusahaan terutama manufaktur. K3 juga selalu dijadikan sebagai hal utama yang harus selalu diperhatikan dan bahwa kehadirannya memang dibutuhkan bagi seluruh karyawan di seluruh area kerja. Dia juga meminta seluruh perusahaan dalam kegiatan usahanya mampu menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja secara baik dan bukan semata-mata memenuhi kewajiban dan tanggungjawab sosial kepada masyarakat sekitar.

"Tapi mendorong perusahaan agar tumbuh dan berkembang menjadi perusahaan yang memanusiakan manusia," kata T Amri Fuad.

Menurutnya, perusahaan yang memanusiakan manusia adalah perusahaan yang pemenuhan K3-nya baik dan berkualitas. Yakni memenuhi standar K3, memenuhi sistem manajemen K3, bukan semata karena diaudit dan bukan semata karena atasan datang untuk inspeksi.

“Perusahaan melakukan itu sebagai bagian dari seluruh proses produksi barang dan jasa di perusahaan yang mengedepankan keselamatan dan kesehatan kerja. Karena itu, saya menghimbau serta mengharapkan juga perusahaan-perusahaan yang ada di kabupaten Pelalawan dapat meniru atau mencontoh K3 PT. RAPP," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Pelalawan Zukri yang menjadi inspektur upacara dalam Bulan K3 di PT RAPP membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah. Dalam sambutannya Zukri mengatakan bahwa Peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023 ini mengusung tema Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja.

"Peringatan ini menjadi momentum bagi kita akan pentingnya K3, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif," ujarnya.

Ia mengatakan di sambutan Kemenaker itu bahwa pembangunan ekosistem ketenagakerjaan yang unggul, tidak hanya didukung dengan adanya regulasi yang baik di bidang ketenagakerjaan, namun yang tidak kalah penting adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada seluruh pihak dalam menerapkan norma ketenagakerjaan. Termasuk diantaranya membangun budaya K3, penerapan budaya K3 yang baik dapat menghindarkan kita dari risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja, yang pada akhirnya akan terwujudnya pekerjaan layak.

"Karena itu, untuk dapat dikatakan sebagai pekerjaan layak, maka diharapkan dapat memenuhi 3 kondisi, yaitu; tersedia bagi semua orang pada usia produktif tanpa kecuali, termasuk mereka yang memiliki keterbatasan fisik, serta tanpa hambatan gender. Semua pekerja terlindungi secara sosial, termasuk mereka yang terlibat dalam kegiatan ekonomi informal dan semua pekerja tersalurkan suara dan aspirasinya melalui sistem dialog sosial yang berharkat secara kemanusiaan," ujarnya.

Lanjutnya, Zukri dalam sambutan tersebut, Menteri Ketenegakerjaan telah menyelesaikan Permenaker Nomor 6 Tahun 2021 tentang Penetapan Standar Kegiatan Usaha dan/atau Produk pada Penyelenggara Perizinan Berusaha Berbasis Resiko Sektor Ketenagakerjaan. Semua perangkat regulasi ini ditargetkan mampu mendorong kemudahan berbisnis atau berinvestasi di Indonesia melalui penciptaan lapangan keja di sektor formal, sebagai upaya penurunan tingkat pengangguran di era pelambatan ekonomi global karena efek pandemi Covid-19.

"Dan K3 menjadi salah satu substansi yang menjadi pertimbangan dalam menetapkan pelaku usaha mempunyai tingkatan resiko dan berpengaruh terhadap perizinan berusaha," katanya Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) Mill Operation, APRIL Group, Eduward Ginting mengatakan APRIL dan APR memiliki komitmen serius dalam penerapan K3 di lingkungan perusahaan dan selalu berupaya untuk menjadi lebih baik.

"Perusahaan memiliki standar safety yang tinggi serta menerapkan reward dan punishment, yang bertujuan untuk mengapreasiasi pekerja agar memiliki kesadaran dan kepatuhan terhadap norma K3, serta penerapan K3 di bidang pekerjaan masing-masing," ujarnya.

Usai pelaksanaan apel, orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan, Zukri, didampingi COO Mill Operation, APRIL Group Eduward Ginting, berkesempatan memberikan penghargaan pada tiap departemen yang ada di perusahaan tersebut, yang telah turut komitmen dalam menjaga K3 di lingkungan departemennya masing-masing. ***(Adv) keterangan foto: PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) atas pelaksanaan Apel Peringatan Bulan K3 Nasional Tingkat Kabupaten.

 
BERITA SEBELUMNYA :
Advertorial
Senin, 15 April 2024

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Berbagai Program CSR RAPP di Meranti Dorong Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

Galeri
Kamis, 04 April 2024

Galeri Paripurna DPRD Rohul Hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024

DPRD Rohul Gelar Paripurna. Penyampaian hasil Reses Masa Sidang II Tahun 2024.

Advertorial
Sabtu, 06 April 2024

Advertorial,
RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya

RAPP Umumkan Para Pemenang Anugerah Jurnalistik APRIL-APR Tahun 2023, Ini Nama-namanya. Cek.

Advertorial
Jumat, 05 April 2024

Safari Ramadan Pemprov Riau di Rohul, CSR BRK Syariah Disalurkan untuk Masjid Ponpes Darussalam Kabun

CSR BRK Syariah disalurkan ke Masjid Pondok Pesantren Darussalam Kabun bersamaan dengan Safari Ramadan Pemprov Riau di Rokan Hulu.

Galeri
Rabu, 03 April 2024

Wabup Indra Gunawan Lepas Peserta Pawai Taaruf dan Pembukaan MTQ ke-24 Kabupaten Rohul

MTQ ke-24 Kabupaten Rohul resmi dimulai. Ditandai dengan pelepaaan pawai taaruf dan pembukaan oleh Wakil Bupati Indra Gunawan.

Advertorial
Rabu, 03 April 2024

Riau Petroleum Ajak Anak Yatim Piatu dan Dhuafa Belanjo Baju Rayo

Riau Petroleum ajak anak yatim piatu dan dhuafa Belanjo Baju Rayo sebagai wujud kepedulian perusahaan.

Berita Lainnya

Senin, 22 April 2024

3.723 PPPK Formasi 2023 Terima SK Pengangkatan dari Pj Bupati Kampar


Senin, 22 April 2024

Singgung Iran-Israel, Mendagri Minta Daerah Jaga Inflasi


Senin, 22 April 2024

Jelang PON, 20 Atlet Anggar Bengkalis Pemusatan Latihan di Pekanbaru


Senin, 22 April 2024

Diduga Edar Perusak Saraf, Pria Paruh Baya di Mandau Diringkus Polisi


Senin, 22 April 2024

Tinjau Kafilah di MTQ XLII Riau di Dumai, Bupati Siak Janji Umrohkan Qori dan Qoriah Berprestasi


Senin, 22 April 2024

Kafilah Rohil Tampilkan Ratib Togak pada Pawai Taaruf MTQ XLII Riau di Dumai


Senin, 22 April 2024

Kafilah Rohul Disambut Masyarakat Dumai Saat Pawai Taaruf MTQ XLII Riau


Senin, 22 April 2024

Hari Ini DPW PKB Riau Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah


Senin, 22 April 2024

Wabup Rohul Hadiri Halalbihalal HKR-Pekanbaru


Senin, 22 April 2024

Pekan ini, Kerusakan Jalan Provinsi di Kuansing Diperbaiki


Senin, 22 April 2024

6 Kapolres di Riau Raih Penghargaan Pengamanan Mudik Lebaran 2024 Terbaik


Senin, 22 April 2024

Bupati Bengkalis Hadiri Pembukaan MTQ Provinsi Riau di Dumai


Senin, 22 April 2024

Ribuan Peserta Dikerahkan Bupati Kuansing di Pawai Taaruf MTQ XLII Riau di Kota Dumai


Minggu, 21 April 2024

Aspekur Ambil Bagian Meriahkan Festival Lancang Kuning


Minggu, 21 April 2024

Hoaks! FIFA Batalkan Kemenangan Qatar atas Indonesia karena Kecurangan Wasit


Minggu, 21 April 2024

Bupati Alfedri Tinjau Pemondokan Kafilah Siak di MTQ XLII Riau di Dumai


Minggu, 21 April 2024

Ketua Apindo Riau Minta Mahasiswa Peserta AUM 2024 Bersinergi dengan UMKM


Minggu, 21 April 2024

Pemprov Riau-PTPN IV Regional III Selaraskan Program Pembangunan Berkelanjutan


Minggu, 21 April 2024

Kampar Expo 2024 Akan Dimeriahkan Pergelaran Seni Budaya 4 Provinsi


Minggu, 21 April 2024

Bupati Kasmarni dan 2.500 Warga Bengkalis Pawai Taaruf MTQ Riau di Dumai