Kamis, 28 Oktober 2021 15:38

Menang Prapid, Jabatan Kepala ESDM Indra Agus Dikembalikan, Ini Syaratnya

Indra Agus Lukman menang Prapid. Jabatan Kepala ESDM Riau yang ditinggalkannya siap dikembalikan, setelah ada surat resmi dari pengadilan.

Riauterkini - PEKANBARU - Kabar baik untuk Kepala Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM) Riau Indra Agus Lukman pasca memenangkan pra peradilan (Prapid) terhadap Hakim Pengadilan Negeri Kuantan Singingi, atas dugaan kasus korupsi yang membelitnya.

Jabatan Indra Agus sebagai Kepala ESDM Riau, akan dikembalikan lagi. Tapi dengan catatan, setelah mendapatkan surat resmi dari pengadilan.

"Kita baru mendengar di media. Kita mengucapakn syukur dengan adanya keputusan ini. Dan kita hormati hukum status tersangkanya dicabut dan kita hormati hasilnya. Semoga dengan adanya surat keputusan dari pengadilan, Indra siap bergabung lagi dangan kita. Dan pencabutan Plt Kadisnya kita kembalikan kalau sudah resmi,” kata Sekdaprov, SF Hariyanto, Kamis (28/10/21).

Menurut Sekdaprov lagi, surat resmi yang dimaksud, adalah keputusan inkrah atas status dugaan kasus hukum membelitnya. Ini merupakan dasar pengembalian jabatan itu.

“Kemarinkan jabata Kadis ESDM itu ada Plt nya. Tapi kalau sudah ada keputusan inkrahnya, atau surat keputusan pengadilan. Dan jaksa penuntut tidak menuntut lagi, yah habislah kasusnya. Kita kembalikan ketempatnya awal,” ungkap Sekdaprov lagi.

Diberitakan sebelumnya, Indra Lukman Agus, memenangkan praperadilan. Hakim Pengadilan Negeri Teluk Kuantan menyatakan penetapan tersangka terhadap Indra Agus tidak sah.

Indra Agus jadi tersangka dugaan korupsi kegiatan Bimtek dan Pembinaan Bidang Pertambangan serta akselerasi di Dinas ESDM Kuansing ke Provinsi Bangka Belitung tahun 2013-2014.

Sidang yang dipimpin hakim tunggal Yosep Butar Butar, mengabulkan permohonan praperadilan Indra Agus. Hakim menyatakan surat penahanan yang dikeluarkan Kajari Kuansing terhadap Indra Agus Lukman tidak sah. Karena tidak sah, hakim memerintahkan termohon untuk membebaskan Indra Agus.***(mok)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang