Senin, 25 Oktober 2021 19:42

Legal Expo, Kemenkumham Riau Gelar Berbagai Pelayanan di Mal Ska

Kanwil Kemenhumham Riau gelar berbagai kegiatan pelayanan di Mal Ska. Tujuannya, ingin lebih dekat dengan masyarakat.

Riauterkini - PEKANBARU - Beragam event terus dilaksanakan menuju puncak Hari Dharma Karyadhika (HDKD) Tahun 2021. Hari ini, Senin (25/10), Kanwil Kemenkumham Riau menggelar Legal Expo di Atrium Mall SKA. Acara yang berwujud pelayanan publik langsung kepada masyarakat ini akan berlangsung selama dua hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 25 sampai dengan tanggal 26 Oktober 2021.

Beragam fasilitas dan pelayanan akan disediakan dalam kegiatan ini. Diantaranya kegiatan donor darah, konsultasi hukum, pelayanan komunikasi masyarakat, pelayanan keimigrasian, pelayanan pemasyarakatan, pelayanan administrasi umum, pelayanan kekayaan intelektual, talkshow hukum dan HAM serta penyuluhan hukum. Adapun pemilihan tempat di mal dimaksudkan agar memberikan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat.

“Disini kami juga menyediakan pelayanan pembuatan Administasi Hukum Umum. Hal ini dilaksanakan dalam rangka mendukung berkembangnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di tanah air. Kami percaya industri ini akan menjadi andalan dalam menghadapi masa pandemi,” ujar Pujo Harinto, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, selaku salah seorang narasumber pada acara talkshow.

Selain Kepala Kantor Wilayah, hadir pula Kepala Divisi Administrasi, Rudi Hartono, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maulidi Hilal, serta Kepala Divisi Keimigrasian, Muhammad Tito Andrianto. Masing-masing kepala divisi menyebutkan inovasi yang telah disiapkan dalam rangka menyesuaikan pelayanan dengan masa pandemi.

“Tidak bisa dipungkiri lapas dan rutan adalah tempat yang sangat berisiko jika tersebar virus Covid-19. Untuk itu, demi meminimalisir kemungkinan tersebarnya virus tersebut, kami mengganti layanan kunjungan dengan layanan video call,” jelas Maulidi. Tambahnya lagi, di Dumai bahkan telah disiapkan inovasi pengantaran warga binaan yang bebas, khusus bagi warga binaan yang tidak bisa membiayai kepulangannya. Dan telah disediakan pula layanan antar -jemput berkas usulan hak-hak yang didapatkan oleh warga binaan. Artinya, kami tidak berhenti berinovasi demi meningkatkan pelayanan.

Selain memaparkan terkait inovasi, Maulidi juga menyempatkan diri untuk mempromosikan hasil karya warga binaan yang dipamerkan pada acara tersebut. Beberapa di antaranya adalah meja, kursi, handycraft serta pakaian. Pengunjung dapat langsung melakukan pembelian dan pemesanan di tempat yang telah disediakan.

Lebih lanjut, Kepala Divisi Keimigrasian juga memaparkan beberapa inovasi yang telah disiapkan oleh pihaknya. “Salah satunya adalah Easy Passport. Layanan ini memungkinkan masyarakat untuk mengajukan permohonan pembuatan passport tanpa perlu datang ke Kantor Imigrasi karena petugas yang akan datang mendatangi pemohon di lokasi yang telah ditentukan,” Tito menjelaskan.

Untuk mengenalkan masyarakat pada sekolah kedinasan yang dimiliki Kemenkumham, acara ini dimeriahkan pula oleh beberapa orang Taruna dan Taruni dari Poltekip dan Poltekim. “Kami ingin masyarakat tahu, bahwa untuk menjadi Keluarga Besar Kemenkumham ada banyak cara yang bisa ditempuh. Salah satunya adalah dengan mengikuti sekolah kedinasan. Yaitu Poltekip dan Poltekim. Tentu saja butuh usaha dan perjuangan untuk bisa bergabung di sekolah kedinasan ini. Salah satunya melalui tes kompetensi dengan metode ujian CAT, dan juga tes krmampuan fisik,” kata Rudi.

Menutup acara talkshow, Mirsyawal, selaku moderator mengungkapkan harapannya agar acara dapat berjalan lancar dan memberi manfaat bagi para pengunjung. Acara ini juga diselingi hiburan akustik yang dibawakan oleh WBP lapas dan rutan di Pekanbaru.***(mok)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang