Senin, 25 Oktober 2021 12:55

Kepala BSSN Puji Aplikasikan Riauprov-CSIRT

Aplikasi Riauprov-CSIRT dilaunching. BSSN puji dan sebut Riau paling siap.

Riauterkini - PEKANBARU - Meski baru saja dilaunching, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dinilai sebagai salah satu provinsi terbaik dan sudah sangat siap untuk mengaplikasikan Computer Security Incident Response Team Provinsi Riau (Riauprov-CSIRT) yang merupakan kerja sama Pemprov Riau dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Apresiasi ini disampaikan langsung oleh Kepala BSSN, Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian dalam acara launching Riauprov-CSIRT, berlangsung di Pangeran Hotel Pekanbaru, Senin (25/10/21).

"Kesiapan Riau termasuk yang terbaik, saya beberapa instansi saya hadir. Kan bisa dilihat dari tampilan, kalau ini (Pemprov Riau) saya lihat tadi sudah sangat siap apa yang ditampilkannya," ucapnya.

Letnan Jenderal TNI (purn) Hinsa Siburian menambahkan, ia menilai kesiapan Riau dalam Riauprov-CSIRT dilihat dari segi SDMnya dan dari segi sarana dan prasarana serta teknologinya.

"Kan bisa terlihat itu dari video yang ditayangkan itu, orang-orang nya sudah langsung praktek dan bagaimana orang-orangnya sudah langsung melakukan simulasi kalau ada serangan itu," ujarnya.

Kepala BSSN melanjutkan, dari awal BSSN sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah Provinsi Riau merencanakan pembangunan Riauprov-CSIRT. Sehingga Riau terpilih sebagai salah satu dari 13 provinsi dalam program prioritas nasional pembentukan CSIRT 2021.

"Kemudian hari ini kita launching dan kedepan juga bekerja sama akan lanjut terus dalam rangka pembinaan SDM nya dengan cara asistensi teknik dan mendukung jika terjadi hal-hal dikatakan serangan itu (serangan siber) kita akan bantu juga dari pusat," sebutnya.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution menyampaikan atas nama Pemprov Riau mengucapkan terima kasih kepada Kepala BSSN yang telah menunjuk Riau sebagai salah satu pilot projek CSIRT.

Ia menjelaskan, adanya apresiasi dari Kepala BSSN untuk Riau tentu ini menjadi sesuatu tantangan bagi Provinsi Riau bagaimana kedepannya bisa merawat Riauprov-CSIRT supaya betul-betul dilaksanakan dengan baik untuk pengamanan di Provinsi Riau.

"Tadi beliau (Kepala BSSN) katakan bahwa dari beberapa tempat beliau yang hadir Riau ini termasuk dalam yang cukup baik dalam kesiapan. Tentu ini menjadi suatu tantangan bagi kita," tutupnya.***(mok)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang