Sabtu, 23 Oktober 2021 17:51

Syamsudin Uti Terima Susunan Kepengurusan KBB Kuansing

Kepengurusan KBB Kuansing sudah terbentuk. Susunan pengurus juga juga sudah diterima Syamsudin Uti selaku Ketua KBB Riau.

Riauterkini - PEKANBARU - Hampir setahun berjalan pasca diterbitkannya Surat Keputusan KBB Pusat tentang Pengurus Wilayah Kerukunan Bubuhan Banjar (PW KBB) Provinsi Riau Periode 2020-2025, H. Syamsuddin Uti selaku Ketua Umum terus melakukan Konsolidasi terhadap Warga Banjar yang ada di Provinsi Riau.

Hingga saat ini 12 Kabupaten/Kota sudah terbentuk Pengurus Daerah Kerukunan Bubuhan Banjar (PD KBB) Kabupaten/kota, 9 Kabupaten/kota sudah di SK-kan, 2 Kabupaten dalam Proses penerbitan SK dan 1 Kabupaten mempersiapkan pelaksanaan Musda.

Ketua Umum PW KBB Riau H. Syamsuddin Uti melalui Sekretaris Umum Indrawansyah Syarkowi, SE, M.Si menjelaskan dalam setahun terakhir ini kita fokus pembenahan administrasi dan struktur organisasi dulu, keberadaan KBB di Riau sudah berlangsung beberapa tahun.

Namun belum seluruh Kabupaten/kota terbentuk PD KBB nya, KBB ini organisasi Banjar yang disatukan melalui Kongres Budaya Banjar III di Kalimantan Selatan seluruh Paguyuban Banjar se-Indonesia berkumpul delegasi dari Banjar Riau diwakili oleh Ikatan Keluarga Banjar Riau (IKABRI) dan pada 18 April 2015 IKABRI dibubarkan melebur menjadi KBB melalui Muswil KBB Riau ke-1 Tahun 2015.

Sejarah ini warga Banjar yang ada di Provinsi Riau harus mengetahui agar tidak ragu untuk bernaung dan berkumpul di KBB. KBB tidak berafiliasi dengan Partai Politik manapun, kita fokus pada kegiatan keagamaan, sosial, kebudayaan dan pelestarian jati diri.

Karena pengaruh globalisasi, arus informasi yang kencang diera internet ini anak-anak Banjar mesti mempertahankan jati dirinya, jati diri orang Banjar itu Agamis, Santun, Humanis, Pekerja keras. Sejatinya orang Banjar tidak suka membully, orang banjar tidak suka berkata-kata kasar sikap seperti itu bukan jati diri orang Banjar. Makanya KBB konsen terhadap pembinaan akhlak warganya melalui pendekatan Majelis Ilmu dan Majelis Zikir agar Jati Diri orang Banjar yang sesungguhnya tetap terlestarikan.

Beberapa hari yang lalu Kamis (21/10) Bada Isya Ketua Umum PW KBB Riau H. Syamsuddin Uti menerima utusan Warga Banjar Kuantan Singingi di Kediaman Wakil Bupati Indragiri Hilir. Selain bersilaturrahmi dengan Wabup Inhil kunjungan warga Banjar Kuantan Singingi yang dipimpin oleh Surya Darma salah seorang Akademisi Universitas Kuantan Singingi sekaligus menyerahkan Susunan Kepengurusan PD KBB Kabupaten Kuantan Singingi Periode 2021-2026.

Menurut Pria yang juga menjabat Sekretaris Mabida Riau ini, "kita fokus dulu dengan pembentukan dan pembaharuan PD KBB Kabupaten/Kota, Insya Allah bulan depan Pak Ketum Abah SU akan mengukuhkan PD KBB Kota Dumai dan berlanjut dengan Kabupaten/kota lainnya se-Riau, Pak Syamsuddin Uti juga berkomunikasi dengan Bupati/Walikota, Wakil Bupati/ Wakil Walikota se-Provinsi Riau yang merupakan Kolega Beliau untuk membina Warga Banjar di Kabupaten/Kota nya masing-masing melalui kelembagaan PD KBB Kabupaten/kota.

Indra juga menghimbau kepada Warga Keturunan Banjar di wilayah Provinsi Riau dapat mendaftarkan nomor kontaknya dengan pengurus PD KBB didaerahnya masing-masing agar memudahkan kita untuk menjalin komunikasi, silaturrahmi dan tolong menolong dalam situasi apapun.

Setiap PD KBB Kabupaten/kota yang terbentuk PW KBB Riau menyiapkan juga atribut Baju Seragam untuk kekompakan Pengurus Daerah KBB Kabupaten/kota se-Provinsi Riau.***(rls)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang