Jum’at, 22 Oktober 2021 20:08

Terapkan Prokes, Lapas Tembilahan Fasilitasi Pernikahan Seorang Napi

Seorang Napi Lapas Kelas IIA Tembilahan jalani pernikahan. Proses dilakukan di ruangan Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik dengan menerapkan Prokes.

Riauterkini -INDRAGIRI HILIR – Tangis bahagia pecah di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan pada saat salah seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Atas Nama Fakhrul Rozi Bin Zainal Afandi melaksanakan proses Ijab Kabul dengan seorang perempuan bernama Ayuna Intania bertempat di ruangan Kepala Seksi Pembinaan dan Anak Didik (Kasi Binadik), Kamis (21/10).

Pernikahan ini disaksikan oleh dua orang perwakilan keluarga kedua mempelai dan Kepala Seksi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Ahlan Suryasari serta Kepala Sub Seksi Bimbingan Kesehatan dan Keperawatan Ricky Renaldi dengan mematuhi Protokol Kesehatan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan Julianto Budhi Prasetyono menerangkan bahwasannya pernikahan merupakan salah satu hak WBP apabila syarat administrasi WBP yang hendak melangsungkan pernikahan telah lengkap.

“Pernikahan merupakan salah satu hak Warga Binaan Pemasyarakatan yang wajib hukumnya untuk kita penuhi apabila persyaratan administrasi yang bersangkutan telah lengkap. Adapun persyaratan administrasi tersebut yakni surat permohonan dan jaminan keluarga serta surat keterangan hendak menikah dari kantor kelurahan dan Kantor Urusan Agama setempat.” Terang Julianto.

Julianto menambahkan bahwasannya persetujuan menikah ini berdasarkan hasil sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) atas permohonan pernikahan dari pihak keluarga selaku penjamin.

“Pernikahan ini dilakukan sesuai hasil keputusan Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang mengabulkan dan menyetujui permohonan kehendak nikah yang bersangkutan setelah melalui sidang TPP.” Tambah Julianto.

Fakhrul, panggilan akrab WBP yang melangsungkan pernikahan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan yang telah memberikan kesempatan dan fasilitas untuk dapat melangsungkan pernikahan.

“Saya sangat terharu dan bahagia sekali dapat melangsungkan pernikahan meskipun saya sedang menjalani masa hukuman pidana di Lapas Tembilahan. Saya ucapkan ribuan terimakasih kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Tembilahan Bapak Julianto Budhi Prasetyono yang telah memberikan izin terlaksananya pernikahan ini.” Ucap Fakhrul.***(dan)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang