Kamis, 21 Oktober 2021 12:54

Suap Pengesahan APBD, KPK Panggil Sejumlah Saksi untuk Tersangka Annas Makmun

Kasus suap pengesahan APBD dengan tersangka mantan Gubri Annas Maamun dibuka KPK. Sejumlah saksi dipanggil untuk diperiksa.

Riauterkini - PEKANBARU - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melayangkan surat pemanggilan terhadap Johar Firdaus yang merupakan mantan Anggota DPRD Riau 2009-2014. Ia rencana akan dimintai keterangan pada Selasa (26/10/21) mendatang di Mapolda Riau.

Pemanggilan terhadap Johar ini berkitan dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yakni menjanjikan kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara degan maksud agar berbuat sesuatu atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatan, yang bertentangan dengan kewajiban terkait pembahasan RAPBD-P tahun anggaran 2014 dan atau 2015 pemprov Riau.

Dalam kasus ini KPK telah tetapkan Annas Maamun yakni Gubernur Riau 2014-2019 sebagai tersangka.

Untuk diketahui, dala kasus ini Annas belum pernah diadili. Sementara sejumlah anggota DPRD Riau periode itu justru terseret dan telah divonis.

Sementara sebelumnya, Annas justru telah menjalani hukuman dan bebas lantaran mendapatkan grasi dari Presiden dalam kasus suap alih fungsi hutan. Ia terkena OTT KPK pada 25 September 2014 di rumahnya di Cibubur, Jakarta Timur bersama 9 orang lainnya.

Dalam kasus suap alih fungsi hutan 140 hektare di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, KPK menyebut Annas menerima Rp2 miliar.***(arl)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang