Selasa, 19 Oktober 2021 17:15

Resmikan Mesjid At-Taubah di Lapas Rumbai, Gubri Sebut Amanah Menkumham

Bersama Irjen Kemenkumham, Gubri resmikan Mesjid At-Taubah. Pembangunan Mesjid tak terlepas amanah dari Menkumham.

Riauterkini - PEKANBARU - Gubernur Riau H Syamsuar hadiri peresmian Mesjid At-Taubah yang berada di kawasan Lapas Narkotika, Rumbai Pekanbaru. Pembangunan mesjid ini sendiri bersumber dari bantuan program Corporate Social Responbility (CSR) Bank Riaukepri (BRK).

Dalam sambutannya, Gubri menyampaikan sejarah didirikannya Mesjid At-Taubah, merupakan amanah dari Menkumham, Yasonna H Laoly. Saat itu, Lapas Narkotika Rumbai menjadi tempat hunian sementara warga binaan Rutan Kelas IIB Siak yang bangunannya habis terbakar, karena adanya kerusuhan.

Namun Lapas Narkotika Rumbai yang baru selesai dibangun belum dilengkapi pembatas antara blok hunian dengan ruang perkantoran. Sehingga Yasonna meminta bantuan Pemprov Riau untuk dibangunkan.

"Pembangunan ini tak terlepas adanya amanah Kemenkumham pak Yasona. Dulu tempat ini hunian sementara, waktu kerusuhan Lapas di Siak," kata Syamsuar, Senin (19/10/21).

Seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan yang terus menerus dilaksanakan di Lapas Narkotika Rumbai, akhirnya pembangunan pagar pembatas dialihkan menjadi bangunan Masjid At-Taubah dan lahan parkir untuk melayani masyarakat yang berkunjung ke lapas.

"Semoga Masjid At-Taubah ini dapat menjadikan kita dan seluruh warga binaan sebagai manusia yang taubatan nasuha. Dapat menjadikan kita menjadi manusia yang baik dan bertanggungjawab sehingga dapat diterima pada masyarakat luas," ujar Syamsuar lagi.

Sementara itu, Inspektur Jenderal (Irjen) Kemenkumham Razilu yang hadir menyatakan apresiasi kepada orang nomor satu di Riau tersebut termasuk BRK yang telah membantu pembangunan Mesjid At-Taubah dan lahan parkir kantor Lapas Narkotika Rumbai.

Razilu berharap, hadirnya MesjidnAt-Taubah ini, akan memberikan manfaat besar bagi warga binaan yang ada di Lapas Rumbai.

"Barang siapa yang membangun masjid, maka dia akan dibangunkan bangunan di akhirat. Sebab itu, marilah kita berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan, sebutnya lagi. Kehadiran masjid juga dapat dijadikan sebagai oase bagi WBP dan tidak terkecuali jajaran petugas pemasyatakatan," ungkap Razilu.

Setelah masing-masing sambutan disampaikan, keduanya kemudian sama-sama menandatangani prasasti, sekaligus menandakan peresmian penggunaan Masjid At-Taubah. Kegiatan peresmian ini turut dihadiri Inspektur Wilayah II Itjen Kemenkumham, para Kepala Divisi, para Kepala UPT se-Riau, Direktur Dana Jasa Bank Riau Kepri dan jajaran Kanwil Kemenkumham Riau.

Di Masjid At-Taubah ini, Irjen bersama Kakanwil Kemenkumham Riau beserta jajaran dan WBP Lapas Narkotika Rumbai juga berkesempatan melaksanakan sholat Dzhuhur berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan oleh Irjen yang diikuti dengan khidmat oleh seluruh jamaah.***(mok)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang