Senin, 18 Oktober 2021 22:39

Belasan Santri Tiga Pesantren Jalani Vaksinasi Massal

Sebanyak 18 santri dan ustad pendamping dari tiga pesantren di Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru, Riau menjalani vaksinasi Covid-19. Sejauh ini, semua berjalan lancar dan tak ada yang mengalami sakit.

Riauterkini-PEKANBARU-Sebanyak 18 santri dan ustad dari tiga pondok pesantren yaitu Pesantren Imam Ibnu Katsir II, Pesantren Abdussalam Litahfizil Qur'an dan Pesantren Umar bin Khattab, menjalani vaksinasi massal di Puskesmas Simpang Tiga, Pekanbaru, Jumat (15/10/21) dengan pendampingan dari relawan Pekanbaru Charity.

"Jenis vaksinnya adalah Sinovac dan Pfeizer, keduanya dosis pertama," kata Founder Pekanbaru Charity Lexie Wahyuni, Senin (18/10/21).

"Vaksin Sinovac diberikan kepada anak-anak usia 12-18 tahun, sementara yang lebih tua dari itu mendapatkan vaksin Pfeizer," terusnya.

Ia juga mengatakan, sejauh ini tidak ada efek samping yang signifikan dirasakan anak-anak pascavaksin. "Hanya pegal di lengan kiri dan mengantuk," lanjutnya.

Pekanbaru Charity memantau para santri ini sampai hari berikutnya. "Alhamdulillah, tidak ada yang mengalami masalah. Namun demikian kami tetap menyiapkan obat-obatan sebagai antisipasi, seperti habbatussauda dan paracetamol."

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan asupan gizi pra dan pasca vaksin. Sebelum berangkat, para santri diberi sarapan bergizi, demikian pula sesudahnya.

Vaksin kedua akan dilakukan November mendatang di tempat yang sama. Vaksin Sinovac akan dilaksanakan pada 12 November sementara vaksin Pfeizer dilaksanakan pada 5 November.

Habibah, salah seorang santri mengatakan, ia mengikuti vaksinasi ini karena anjuran dari pihak pesantren. "Biar cepat berlalu virus ini. Saya rindu menghirup udara tanpa terhalang oleh masker ini," katanya.

Peserta lainnya juga mengatakan hal yang serupa.

Selama proses menunggu giliran divaksin, para santri ini tetap diminta menjalankan Protokol Kesehatan dengan ketat, seperti mengenakan masker, tidak berkerumun, mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan panitia.***(yan)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang