Senin, 18 Oktober 2021 17:28

Pertama di Riau, Inhu Level 1 PPKM Covid-19

Usaha Pemkab Inhu menekankan penyebaran covid-19 cukup baik. Status PPKM berhasil ke level satu dan pertama di Riau.

Riauterkini-RENGAT-Pertama kalinya di Provinsi Riau, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berhasil menurunkan status PPKM dari level dua menjadi level satu, berdasarkan asesment Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia terhitung sejak 16 Oktober 2021 Inhu berstatus Level satu PPKM Covid-19. Namun demikian kewaspadaan dan kedisiplinan dalam menerapkan Prokes tetap diwajibkan.

Turunya status PPKM di Inhu dari level dua PPKM Covid-19 menjadi level satu PPKM Covid-19 terhitung sejak 16 Oktober 2021 berdasarkan asesment Kemenkes RI, disampaikan Elis Julinarti Kadiskes Inhu kepada riauterkinicom Senin (18/10/21) melalui selulernya.

"Sesuai asesment dari Kemenkes RI, terhitung sejak 16 Oktober 2021 Kabupaten Inhu berstatus level satu PPKM Covid-19, penurunan status dalam PPKM Covid-19 ini berkat kerja keras semua pihak baik lintas instansi maupun stake holder terkait dibawah arahan dan petunjuk Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi," ujarnya.

Status level satu PPKM Covid-19 di Inhu sesuai asesment Kemenkes RI didasari pada penilaian indikator keberhasilan yang telah dilakukan Inhu seperti, tingkat vaksinasi, tingkat kasus terkonfirmasi, tingkat pasien rawat rumah sakit, tingkat kematian, transmisi komunitas, tingkat testing, tingkat tracing, tingkat treatment dan kapasitas respon serta asesmen situasi.

"Penilaian dalam status level satu PPKM Covid-19 di Inhu ini berdaarkan indikator tingkat vaksinasi, tingkat kasus terkonfirmasi yang hanya satu, tingkat pasien rawat rumah sakit satu, tingkat kematian satu, transmisi komunitas satu dan tingkat testing memadai, tingkat tracing memadai, tingkat treatment memadai dan kapasitas respon juga memadai serta asesment situasi juga satu," ungkapnya.

Ditambahkan Elis Julinarti, status level satu PPKM Covid-19 di Inhu ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan untuk kemudian kembali dilakukan penilaian berdasarkan indikator-indikator tersebut, tidak menutup kemungkinan akan kembali naik menjadi level dua PPKM Covid-19 bila kembali terjadi peningkatan kasus dalam indikator tersebut.

"Status level satu PPKM Covid-19 ini akan berlangsung selama 14 hari kedepan, tidak menutup kemungkinan Inhu kembali menjadi status level dua maupun level tiga. Tergantung dari tingkat kasus yang ada. Untuk itu kami memgimbau, walaupun saat ini sudah level satu PPKM Covid-19 namun kita semua harus tetap waspada dan selalu menerapkan Prokes, terutama selalu menggunakan masker dan mencuci tangan dengan sabun serta selalu menjaga jarak," jelasnya. ***(tam)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang