Kamis, 7 Oktober 2021 06:32

Aparat Gabungan Dikerahkan, Padamkan Kebakaran 5 Hektar Lahan di Inhu

Terjadi kebakaran di lahan seluas 5 hektar di Inhu. Puluhan aparat gabungan dikerahkan untuk memadamkannya.

Riauterkini-RENGAT-Kebakaran lahan kembali terjadi di Kabupaten Indragirii Hulu (Inhu), lima hektar lahan gambut di Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu terbakar. Upaya pemadaman dari Tim Gabungan Satgas KPBD Inhu, TNI, Polri, Manggala Agni, Regdam PT SBL dan masyarakat terus dilakukan.

Terbakarnya lima hektar lahan gambut di Desa Rawa Asri jalur tiga Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu terjadi sejak pukul 13.30 WIB Rabu 6 Oktober 2021 sesuai laporan dari anggota Satgas yang bertugas di Kecamatan Kuala Cenaku kepada Satgas Posko bersama Rengat.

"Upaya pemadaman terus dilakukan Tim Gabungan dilokasi kebakaran lahan yang berada di Desa Rawa Asri jalur tiga, Kecamatan Kuala Cenaku, Inhu atau pada titik koordinat 0.26'26.8665".S 102'36'36,409" E. Namun karena hari sudah menjelang malam maka pemadam dilanjutkan esok hari," ujar Ergusfian Kalaksa KPBD Inhu kepada riauterkinicom, Rabu (6/10/21).

Diungkapkanya, dengan lokasi berjenis tanah gambut dan vegetasi yang terbakar berupa semak belukar dan ilalang, luas lahan yang terbakar dari lebih kurang lima hektar baru sekitar lebih kurang satu hektar yang dapat dipadamkan.

"Tim Gabungan bersama masyarakat melakukan pemadaman dan penyekatan agar api tidak lebih lebar meluas, dengan sumber air yang tersedia tim di bagi menjadi tiga kelompk untuk melaksanakan pemadaman. Tim masih berusaha memadamkan di kepala api," ungkapnya.

Dalam upaya pemadaman lahan tersebut, Satgas KPBD Inhu menurunkan sepuluh personil, dibantu anggota TNI dari Koramil 01 Rengat lima personil, Angota Polres Inhu tujuh personil, Regdam PT SBL sepuluh personil dan anggota Manggala Agni serta MPA Paralegal Rawa Bangun, MPA Paralegal Pulau Gelang dan masyarakat Desa Rawa Asri serta didukung peralatan pemadaman api. Jelasnya. *** (guh)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang