Senin, 27 September 2021 07:38

Layanan Pengujian KIR di Kuansing Kini Berbasis Elektronik

Dinas Perhubungan Kuansing meningkatkan pelayanan pengujian KIR. Kini berbasis elektronik.

Riauterkini - TELUK KUANTAN - Pemkab Kuansing, terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi masyarakat dengan menciptakan kemudahan dan transparan. Salah satunya layanan pengurusan pengujian kenderaan bermotor atau Kir berbasis elektronik.

Layanan ini sudah beroperasi sejak 23 Agustus 2021 lalu. Bagi masyarakat yang ingin melakukan uji Kir kenderaan sudah dapat mendatangi gedung Balai Pengujian Kenderaan Bermotor (BPKB) dikawasan Kebun Nenas desa Jake.

  Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kuansing, Marhumala Pontas, baru - baru ini menyebutkan, pengujian berbeda dengan sebelumnya, sebab peralatan BPKB semakin cangih yang dilengkapi dengan system berbasis elektronik sehingga proses dan biaya yang dikenakan transparan.

"Jadi sistem ini kan terpusat, setiap pemilik kenderaan yang mengurus Kir maka secara otomatis biaya akan keluar dari sistem elektronik, bukan lagi secara manual," jelasnya.

Saat ini konsen meningkatkan layanan kepada pemilik kenderaan. Karena itu hampir tiap hari dirinya mendatangi gedung BPKB untuk melakukan pengawasan.

"Kita belajar dari kasus yang sempat terjadi terkait dugaan OTT di BPKB," ujarnya.

Bahkan ia telah mewanti-wanti kepada seluruh petugas di BPKB agar bekerja transparan dan tidak melakukan pungutan liar (Pungli).

"Sekarang era transparan dan semua orang yang dirugikan dapat melapor ke pimpinan di Pemkab atau ke penegak hukum," tegasnya.

"Maka Saya terus menantau dan meningatkan petugas agar tidak melakukan Pungli karena bisa tersandung kasus hukum," katanya.

Langka itu menurutnya, bertujuan untuk meningkatkan layanan dan kepercayaan masyarakat kepada BPKB Kuansing. Karena BPKB tahun 2021 ini juga ditargetkan PAD sebesar Rp 400 juta.

"Kita berusaha target PAD itu tercapai walau BPKB baru kembali beroperasi sejak tanggal 23 Agustus 2021 setelah pemasangan peralatan berbasis elektronik tuntas dilaksanakan," ungkapnya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang