Sabtu, 25 September 2021 16:52

Tol Pekanbaru-Dumai Dibangun tak Semata Bisnis

Setahun beroperasi, ada 4.278.168 kendaraan melintasi tol Permai. 30 persennya kendaraan bisnis sepertu truk.

Riauterkini - PEKANBARU - Hari ini genap setahun Tol Pekanbaru-Dumai (Permai) beroperasi. Sejak diresmikan secara virtual oleh Presiden Joko Widodo pada 25 September 2020 lalu, tercatat ada 4.278.168 kendaraan sudah melintas.

Dari ribuan kendaraan yang melintas di jalan bebas hambatan tersebut, tercatat melalui enam pintu gerbang tol di sepanjang 131 kilo meter. Yakni, pintu tol Pekanbaru, Minas, Kandis, Batin Solapan, Duri dan Dumai.

"Selama setahun Tol Permai beroperasi, ada 4.278.168 kendaraan sudah melintas," kata Branch Manager Tol Permai, Indrayana, Sabtu (25/9/21).

Sebanyak 4.278.168 kendaraan yang melintas di tol pertama di Riau ini, didominasi kendaraan pribadi. Sementara kendaraan angkutan seperti truk hanya sekitar 30 persen.

Menurut Indrayana, persentase ini memang masih jauh dari kata bisnis. Meski begitu, tujuan utama tol Permai yang melintasi mulai dari Pekanbaru, Duri yang masuk wilayah Kabupaten Bengkalis. Kemudian Kandis, Minas masuk Kabupaten Siak serta Kota Dumai tersebut, didirikan tak semata tujuan bisnis.

Melainkan, bagaimana kehadiran infrastruktur tol ini bisa merangkai daerah menjadi penghubung untuk percepatan ekonomi. Kemudian, mengejar ketertinggalan dengan menggerakan semua sektor, khususnya di daerah yang dilewatinya.

“Tapi (bisnis) itu bukan cuma tujuan utama HK. Bagaimana kehadiran tol bisa menjadi penghubung antar daerah, kemudian roda perekonomian masyarakat dan daerah berjalan sesuai harapan,” papar Indrayana.

Meski begitu, kehadiran tol Permai tak dinampikan sangat bermanfaat bagi masyakat. Pasalnya, melalui tol ini, dari Pekanbaru menuju kota minyak itu hanya ditempuh selama 1,5 jam lebih. Berbanding dengan melintasi jalan umum, dapat memakan waktu normal selama lima jam.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang