Senin, 20 September 2021 21:08

Gandeng Masyarakat, PHR Gelorakan Peduli Lingkungan di Duri

PT Pertamina Hulu Rokan gandeng masyarakat di Duri untuk menggelorakan semangat peduli lingkungan. Lebih 500 anggota masyarakat yang berpartisipasi dalam Aksi Clean Up & Pilah Sampah dari Rumah.

Riauterkini - DURI - Guna menggelorakan semangat peduli lingkungan, Ahad (19/9/21), PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) menggandeng berbagai elemen masyarakat. PHR dan Bank Sampah Pematang Pudu Bersih (BSPPB) melakukan Aksi Clean Up & Pilah Sampah dari Rumah. Sehari sebelumnya, PHR juga mendukung Aksi Penanaman 1.000 pohon yang dilaksanakan di Danau Wisata Lembah Kayangan Indah bersama Aliansi Mahasiswa Duri.

“Aksi peduli lingkungan ini sejalan dengan nilai-nilai yang dianut Perusahaan, yakni melestarikan lingkungan dan mencegah kerusakan alam. Semoga dengan beberapa aksi ini dapat menggugah semangat masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan,”ujar Hardiyanto yang hadir mewakili manajemen PHR dalam sebuah acara di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau, Bengkalis.

Pertamina berkomitmen untuk mencapai kinerja bisnis yang ESG (Environment, Sustainability, Governance), termasuk di dalamnya pengurangan gas rumah kaca, perubahan iklim, penggunaan lanskap yang ada, maupun pemeliharaan ekosistem dan keanekaragaman hayati.

Dalam kegiatan itu, lebih dari 500 anggota masyarakat yang berpartisipasi dalam Aksi Clean Up & Pilah Sampah dari Rumah. Kegiatan ini tak hanya mengumpulkan dan membersihkan sampah di sekitar pekarangan rumah. Sampah yang terkumpul kemudian diserahkan ke BSPPB dan menjadi tabungan bagi pemilik sampah tersebut. BSPPB merupakan bank sampah binaan PHR.

Aksi Clean Up & Pilah Sampah dari Rumah sekaligus memperingati Hari Bersih-bersih Sedunia 2021 atau World Cleanup Day (WCD). Tampak hadir dalam aksi itu Kepala UPTD Sampah DLH Bengkalis Syaifudin, Camat Mandau, Riki Rihardi dan Lurah Pematang Pudu, Tasril Akmal. "Kami sangat berterima kasih sebesar-besarnya atas inisatif besar yang dilakukan oleh PHR dan BSPP ini. Semoga agenda hari ini memacu kepedulian dan semangat masyarakat kita untuk peduli terhadap lingkungan,”ujar Camat Mandau, Riki Rihardi.

Pada kegiatan di tempat terpisah, PHR bersama Aliansi Mahasiswa Duri melaksanakan penanaman 1.000 pohon di sekitar Danau Ali yang terletak di Lembah Kayangan Indah, Duri. Dalam kegiatan tersebut, kelompok pecinta lingkungan Riau Satwa Foundation juga memberikan materi tentang kesadaran lingkungan kepada masyarakat dan mahasiswa yang hadir. Kegiatan penanaman pohon ini sekaligus memperingati Hari Ozon Sedunia yang jatuh pada 16 September lalu.

Kegiatan semakin terasa meriah dengan diadakannya perlombaan dayung sampan. Puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat berebut untuk menjadi yang tercepat, melaju membelah Danau Ali yang eksotik dan asri.*(rls/hen)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang