Jum’at, 17 September 2021 15:03

BC Bengkalis dan Polres Gagalkan Penyelundupan Sabu 49 Kg

BC bersama kepolisian berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Narkoba jenis sabu-sabu. Barang bukti berat kotor diperkirakan 49 Kg berhasil diamankan dan para pelaku.

Riauterkini-BENGKALIS- Pada Rabu (8/9/21) Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Bengkalis berhasil melakukan penggagalan upaya penyelundupan barang larangan berupa narkoba jenis sabu-sabu sebanyak 40 bungkus seberat lebih kurang 40 kilogram (Kg) dan 9 bungkus seberat lebih kurang 9 Kg.

Upaya ini berhasil diungkap bersama dengan tim gabungan Kantor Wilayah DJBC Riau, Satres Narkoba Polres Bengkalis dan Satpolair Polres Bengkalis.

"Penindakan ini diawali dengan adanya informasi yang dikumpulkan dan didapat oleh KPPBC TMP C Bengkalis dan Satres Narkoba Polres Bengkalis tentang adanya rencana pemasukan narkoba jenis methampetamin ke Pulau Bengkalis melalui Malaysia. Atas informasi tersebut kemudian dilakukan pembentukan tim gabungan terdiri dari tim darat dan tim patroli laut," ungkap Kepala BC Bengkalis Ony Ipmawan melalui Kepala Seksi Penindakan dan Penyidikan Bea Cukai Bengkalis Tamrizi Riawan, Jumat (17/9/21) siang.

Pada (6/9/21), tim patroli laut melaporkan terdapat speedboat yang keluar melalui wilayah Bengkalis menuju Selat Malaka. Pada Rabu (8/9/21), tim darat mendapat informasi bahwa akan ada penyerahan barang diduga narkoba kepada seseorang di daerah Dumai. Tim kemudian bergerak cepat melakukan pemantauan intensif di sekitar Pelabuhan Roro Bengkalis dan Sei Selari Pakning.

Tim darat lalu mendapati target yang dicurigai menggunakan sepeda motor dan berhasil melakukan penindakan terhadap RD dan 2 orang temannya serta mengamankan barang bukti berupa narkoba jenis sabu-sabu seberat lebih kurang 40 Kg yang dibungkus kardus berisi bungkusan cokelat.

Pada (13/9/21), tim lalu melakukan pengembangan atas penindakan tersebut dan mendapat informasi akan ada pemasukan kembali narkotika jenis sabu-sabu di wilayah Bengkalis.

Atas informasi tersebut, tim bergegas melakukan upaya penggagalan dan mendapati kurir yang membawa barang larangan tersebut telah menyeberang dari Pulau Bengkalis menuju Pekanbaru. Kurir tersebut diduga akan melakukan transaksi di sekitar Kecamatan Sidomulyo. Selanjutnya, tim melakukan pemantauan dan didapati barang mencurigakan di tempat sampah dan didapati seseorang yang akan mengambil tas tersebut.

Kemudian tim bergerak cepat mengamankan orang tesebut yang berinisial WY, dan barang bukti tas berisi 9 bungkus narkotika jenis sabu-sabu seberat 9 Kg.

Atas penindakan tersebut, barang bukti beserta tersangka diamankan oleh tim untuk dibawa menuju Polres Bengkalis untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Tersangka diduga melanggar Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Terungkapnya penggagalan upaya penyelundupan puluhan kilogram sabu-sabu itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung SIE menggelar konferensi pers bersama di Mapolda.***(dik/rls)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang