Sabtu, 11 September 2021 20:06

Gubri Syamsuar Terima Penghargaan Top Pembina BUMD 2021

Gubernur Riau dinilai berhasil membina Bank Riau Kepri sehingga mendapat 4 Award Top BUMD 2021. Gubernur Syamsuar diberi penghargaan Top Pembina BUMD 2021 pada Top BUMD Award 2021.

Riauterkini-JAKARTA-Dinilai berhasil membina PT Bank Riau Kepri hingga meraih Top BUMD 2021 dengan menyandang bintang 4. Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi bersama Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menerima penghargaan Top Pembina Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) 2021, Jumat (10/9/2021) di Dian Ballroom Hotel Raffles Jakarta.

Hal itu diumumkan langsung oleh Ketua Tim Penilai Top BUMD Award 2021 Prof. Dr. Djohermansyah Johan saat acara berlangsung. Proses penilaian dilakukan secara objektif, independen melalui sesi presentasi dan penjurian yang ketat.

Top BUMD Award ini merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan BUMD yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia. Dan kegiatan ini ditayangkan di TV nasional.

Selain itu Top CEO BUMD 2021 disandang oleh Andi Buchari selaku Direktur Utama Bank Riau Kepri dan Top BUMD 2021 stars 4 adalah PT. Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Tohir dalam kesempatan ini mengatakan bahwa BUMD merupakan tulang punggung daerah dan sudah seharusnya menjadi penggerak ekonomi daerah. Dimasa pndemi ini BUMD juga diminta untuk terus hadir memberikan solusi dalam upaya pemulaihan ekonomi secara nasional dan daerah.

“Target nasional, juga peran BUMD sebagai motor penggerak ekonomi pada saat pandemi COVID ini. Dan tentunya kita harus menggesa penyelesaian vaksinasi daerah dan terus menerapkan protokol kesehatan secra nasional dalam mendukung pemerintah,” kata Eric Tohir.

Adapun prioritas kreteria penghargaaan Top BUMD lebih pada orientasi invoasi dan inisiatif pemberdayaan masyarakat melaui kontribusi BUMD dalam membangunan daerah. Dan Top BUMD menilai bahwa kepala daerah telah berhasil dalam berinovasi serta berkolaborasi dalam mengembangkannya.

Tampak hadir juga dalam acara penyerahan Top BUMD Award 2021 ini Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian.

Ditempat terpisah, Gubernur Riau Drs H Syamsuar mengaku sangat bersyukur atas penghargaan yang dia terima sebagai Top Pembina BUMD 2021 bersama dengan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad.

" Alhamdulillah, puji syukur kepada Allah SWT, dalam ajang Top BUMD Award, saya bersama Gubernur Kepulauan Riau menerima Top Pembina BUMD Award 2021. Top Pembina BUMD Awards 2021 yang diselenggarakan Majalah Top Business bersama Institut Otonomi Daerah (i-OTDA) dan beberapa lembaga tim penilai Bank Riau Kepri termasuk Bank Daerah yang berkembang maju di Indonesia," kata Syamsuar.

Menurutnya, penghargaan ini tak terlepas dari andil seluruh masyarakat Riau yang ikut serta memberikan sumbangan pemikirannya sehingga pemerintah bisa terus berkreasi dan berinovasi dalam menjawab tantangan yang harus dihadapi saat ini.

“Kita akan membina terus semua BUMD yang ada didaerah agar bisa mandiri dan memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat Kepri dan BUMD harus menjadi motor penggerak ekonomi di daerah,” ujar Gubernur Riau, Sabtu (11/09/2021).

Penghargaan kategori BUMD Aneka Usaha dalam TOP BUMD Awards 2021 ini, kata Gubernur Riau merupakan hasil dari kinerja, kepemimpinan, serta manajemen yang baik dari perseroan meski di tengah krisis akibat pandemi Covid-19 ini.

"Pencapaian ini berkat komitmen Bank Riau Kepri sebagai Bank Pembangunan Daerah yang sudah sesuai dengan visi misi pemerintah untuk menempuh kinerja terbaiknya, kinerja bisnis, layanan, dan kontribusi terhadap perekonomian daerah," kata Gubernur Riau.

Datuk Seri Setia Amanah juga berharap penghargaan yang diraih ini dapat memotivasi pengurus Bank Riau Kepri agar gigih dan semangat untuk lebih maju lagi dimasa mendatang. Apalagi, beberapa waktu lalu, Bank Riau Kepri juga menerima penghargaan dari Infobank untuk kategori Sangat Bagus “Excellent”.

"Kedepannya, dari sisi pelayanan, harus lebih rajin lagi turun ke bawah melayani kebutuhan masyarakat. Tujuan supaya keberadaan Bank Riau Kepri dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Riau. Sekali lagi, syabas Bank Riau Kepri menuju Syariah," tutur Syamsuar.

Bank Riau Kepri saat ini dalam proses akhir menuju Bank Umum Syariah. Proses penggantian (konversi) model bisnis menjadi syariah juga sudah dibarengi dengan kinerja baik dengan bukti sejumlah prestasi yang telah diraih oleh Bank Riau Kepri, serta penerapan nilai-nilai budaya yang terangkum dalam ISHARE kepada seluruh insan Bank Riau Kepri.

Potensi pengembangan bisnis di segmen syariah serta latar belakang masyarakat di Riau dan Kepulauan Riau cukup kental dengan kebudayaan Islami juga mendorong para pemegang saham perusahaan bank daerah ini untuk terus memberikan support penuh agar proses realisasi Bank Riau Kepri menjadi syariah tidak terlalu lama.

Selama masa peralihan ini, selain menyiapkan perizinan termasuk ke Otoritas Jasa Keuangan dan peraturan daerah, Bank Riau Kepri telah menyiapkan sumber daya manusia, produk, menyusun SOP serta jaringan infrastruktur teknologi berbasis digital. ***

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang