Ahad, 5 September 2021 09:44

Gandeng UTH Malaysia, Univrab Grand Launching Of World Class Professor Program 2021

Univrab bersama UTH Malaysia gelar World Class Professor (WCP) Program 2021. Diluncurkan melalui zoom meeting.

Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 Univrab-UTHM World Class Professor (WCP) Program 2021 Univrab-UTHM dilaunching. Launching digelar melalui zoom meeting. Riauterkini-PEKANBARU - Universitas Abdurrab mengadakan Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 tajaan Univrab dan Univeraity Tun Hasyim Malaysia atau UTHM melalui zoom meeting, Sabtu (4/9/21). Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alquran dan pemutaran video pembukaan Grand Launching of World Class Professor (WCP) Program 2021.

Turut dihadiri Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd, Rektor Universitas Abdurrab Prof Susi Endrini SSi MSc Phd, Pimpinan dan mitra dari UTHM yaitu Prof Datuk Ts Dr Wahid Bin Razzaly dan Assoc Prof Dr Mohd Fadzelly Abu Bakar, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof  Dr Herri MBA, pimpinan, dekan dan dosen Universitas Abdurrab.

Pembina Yayasan Abdurrab Dr dr Susiana Tabrani MPd menyampaikan, Universitas Abdurrab dibawah Yayasan Abdurrab memiliki visi mengembangkan pendidikan dengan  budaya ilmu berbasis iman dengan mengambil inspirasi dari warisan nilai-nilai luhur Melayu Islam  dengan mengusung RAB Values yakni Rabbani Amanah dan Beradab.

"Hal ini sejalan dengan acara hari ini yaitu kita dapat merealisasikan dan mengimplementasikan bagaimana kita adalah manusia pembelajar yang terus meningkatkan diri kedepannya," ujar Susi Tabrani.

Ia  mengucapkan terimakasih  kepada seluruh pengurus UHTM yang selalu setia untuk bekerja sama dengan Univrab serta Rektor Univrab dan panitia yang telah menyiapkan acara ini dengan sebaik-baiknya.

"Grand launching Of World Class Professor Program 2021 Univrab-UTHM insyaallah akan terus berjalan kedepannya. Saya berharap kerja sama ini  terus berlanjut. Sebagai rumpun Melayu dan sesama orang Melayu  dapat mengembangkan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Riau," katanya.

Rektor Univrab Prof Susi Endrini SSi MSc Phd menjelaskan  program World  Class Professor  sudah dimulai Kementerian Pendidikan Tinggi sejak tahun 2017. Program ini bertujuan untuk mencetak profesor kelas dunia Indonesia  melalui kolaborasi dengan profesor kelas dunia diberbagai negara. Salah satu indikator profesor kelas dunia dalam program ini adalah profesor yang memiliki  H-indeks  Scopus di atas 10.

Untuk itu Kementerian Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan LPDP Kementerian  Keuangan Indonesia memberikan dana hibah kepada  profesor atau calon profesor  di Indonesia yang telah memiliki H-indeks Scopus di atas empat agar dapat memanfaatkan dana tersebut. Tentunya untuk meningkatkan mutu  publikasinya dan membawa dosen-dosen di perguruan tingginya juga menjadi profesor.

"Pemerintah Indonesia juga memberikan dana hibah ini kepada para dosen yang di perguruan tinggi dengan akreditasi minimal baik sekali. Alhamdulillah pada akhir tahun 2020 Universitas Abdurrab telah mendapatkan  akreditasi institusi dengan peringkat baik sekali. Oleh sebab itulah, saya baru dapat mengajukan  permohonan pendanaan program ini pada tahun 2021," jelas Rektor Univrab.

Rektor menjelaskan, proses pemilihan program WCP ini berlangsung sangat selektif. Ia bersyukur Universitas Abdurrab telah berhasil  menjadi salah satu pemenang nasional  di dalam ajang bergengsi  ini.

" Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada  Pembina dan Ketua Yayasan Abdurrab yang selama ini selalu mendukung upaya peningkatan mutu Universitas Abdurrab. Terimakasih juga kepada  LLDIKTI Wilayah X  yang selalu memberikan pendampingan kepada  kami," ungkap Prof Susi Endrini.

Ia juga menjelaskan, salah satu syarat wajib dari WCP adalah memiliiki mitra  profesor kelas dunia  yang akan sama-sama menerbitkan  artikel kelas dunia. Untuk itu pihaknya menggandeng mitra yang selama ini telah bekerja sama dengan baik dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UHTM).

"Saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada  Prof Datuk Ts Dr wahid Bin Razzaly dan Assoc Prof Dr Mohd Fadzelly Abu Bakar," sebutnya.

Prof Susi mengungkapkan, program WCP yang akan dilakukan selain penerbitan artikel di kelas dunia, pihaknya juga akan mengadakan kegiatan workshop dosen dan bekerja sama dengan penerbit kelas dunia. Selanjutnya kegiatan WCP ditutup dengan kegiatan Guest Lecture yang akan dilakukan pada 25 September 2021. Rencananya akan dihadiri salah seorang Menteri Repubulik Indonesia.

"Alhamdulillah tahun 2021 ini Yayasan Abdurrab juga telah memberikan beasiswa  studi lanjut kepada dosen-dosen Universitas Abdurrab. Alhamdulillah mereka telah diterima  menjadi mahasiswa  S-3 di UHTM," jelasnya.

Grand Launching Of World Class Professor (WCP) Program 2021 Univrab-UTHM di buka langsung  Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Dr Herri MBA.  Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion In Conjunction with World Class Professor Program 2021 yaitu FGD Riset Bersama, Matching Grant dan Presentasi Proposal S3 oleh Ibu Sri Kartini dan Ibu Siti Juriah.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang