Kamis, 29 Juli 2021 20:13

Buka Simulasi Pilkades, Bupati Rezita Ingatkan Warga Inhu Tetap Patuh Prokes

Bupati Inhu kembaali ingatkan masyarakat untuk bersama memerangi corona. Tidak terkecuali saat Pilkades diminta tetap terapkan Prokes covid-19.

Riauterkini-RENGAT-Bupati Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengingatkan seluruh warga Inhu, agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) serta mengantisipasi terjadi nya cluster baru dalam setiap tahapan. Jelang digelar nya Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Inhu.

Penegasan agar selalu mematuhi Prokes dan mengantisipasi terjadi nya cluster baru dalam setiap tahapan Pilkades serentak di Inhu, disampaikan Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi dalam pembukaan simulasi Pilkades serentak di Inhu, Kamis (29/7/21) bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Seresam Kecamatan Seberida, Inhu.

"Kepada semua elemen masyarakat, calon kepala desa, dan seluruh panitia yang bertugas, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 4M yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan. Jangan sampai nanti ada cluster baru pada tahapan pilkades ini.” tegas nya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Rezita juga memberikan apresiasi kepada seluruh panitia dan pihak-pihak terkait yang telah menyelenggarakan simulasi pemilihan kepala desa tahun 2021 serta berharap setiap tahapan pelaksanaan Pilkades serentak dapat berjalan dengan lancar, aman, dan damai.

"Seluruh calon kepala desa, simpatisan, seluruh masyarakat kabupaten Indragiri Hulu dan juga panitia pelaksana Pilkades agar dapat bersikap professional dalam setiap tahapan pelaksanaan pilkades. Mari kita jadikan Pilkades ini sebagai sebuah proses demokrasi yang menyejukkan demi mewujudkan hasil Pilkades yang kita cita-citakan yaitu Kepala Desa yang berkomitmen penuh untuk memajukan dan mensejahterakan desa," ujar nya.

Sementara itu, Riswidiantoro panitia pelaksana Pilkades serentak Inhu 2021 dalam sambutan nya mengungkapkan pelaksanaan Pilkades Inhu 2021 mengacu pada empat dasar hukum, yaitu UU nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, Permendagri nomor 112 Tahun 2014 tentang pemilihan kepala desa yang telah dirubah dengan aturan Permendagri nomor 72 Tahun 2020, Perda nomor 1 Tahun 2019, dan Peraturan Bupati nomor 40 Tahun 2019 sebagaimana telah dirubah dengan Peraturan Bupati nomor 3 Tahun 2021 tentang Penerapan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Wabah Covid-19 dalam Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa.

"Simulasi pemungutan dan perhitungan suara pilkades merupakan step terakhir dalam tahapan persiapan pelaksanaan Pilkades, simulasi akan dilaksanakan sebanyak tiga kali. Simulasi pertama sekaligus pembukaan yang dilaksanakan pada hari ini yang mana simulasi dilaksanakan secara indoor, simulasi kedua akan dilaksanakan pada hari Kamis 5 Agustus 2021 di Desa Petalongan Kecamatan Pasir Penyu yang dilaksanakan secara outdor, dan simulasi terakhir akan dilaksanakan di Desa Bukit Selanjut Kecamatan Kelayang," jelas nya.

Dalam simulasi Pilkades serentak Inhu 2021 yang dibuka secara resmi oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi, juga dihadiri Plt Kepala Dinas PMD Inhu Riswidiantoro, Camat Seberida Roma Doris, Kapolsek Seberida AKP Hendri Suprapto, Danramil Seberida Kapten Inf P. Situmorang, dan Pj. Kepala Desa Seresam Safril Z. * (guh)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang