Rabu, 21 Juli 2021 15:25

Kader Pengawas Partisipatif Pemilu di Bengkalis Harus Berkualitas

Sebelum pesta demokrasi kembali digelar, Bawaslu Bengkalis secara serentak melakukan seleksi Kader Pengawas Partisipatif. Di Bengkalis 102 orang telah mendaftar.

Riauterkini-BENGKALIS- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis telah membuka Sekolah Kader Pengawas Parisipatif (SKPP) tahun 2021. Sekolah kader dialkukan seleksi kepada masyarakat pelajar (pemilih pemula) dan umum.

Seleksi SKPP dalam proses administrasi tercatat diikuti 102 pendaftar.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Mukhlasin menjelaskan dari 102 orang pendaftar akan diseleksi kembali menjadi 40 orang untuk tingkat Kabupaten Bengkalis September selama tiga hari.

Kemudian diseleksi untuk SKPP tingkat provinsi sebanyak 3 peserta dan diambil hanya 1 orang di tingkat nasional.

"Program ini penting, sejalan dengan kebijakan Mendagri yang meminta Pemda untuk melakukan pendidikan politik masyarakat,” kata Mukhlasin, Rabu (21/7/21).

Menurut Mukhlasin, kualitas demokrasi ditentukan tingkat partisipasi masyarakat. Partisipasi di sini tak hanya berarti hadir saat pemungutan, tapi bagaimana mengawal Pemilu agar jujur dan adil sehingga menghasilkan pemimpin yang amanah.

"Kader Pengawas Partisipatif inilah yang bisa mendorong bersama masyarakat agar Pemilu bisa berjalan dengan jujur dan adil. Karena Pemilu tak hanya ngomong tugas Bawaslu, KPU, Pemda, DPRD tetapi ngomongin Pemilu adalah bagaimana semua bergerak melakukan kaderisasai pengawas Pemilu dan melakukan pendidikan politik,” terangnya.***(dik)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang