Senin, 19 Juli 2021 16:38

Advertorial DPRD Riau,
DPRD Riau Lakukan Kunker Keberbagai Tempat

Terbagi menjadi beberapa rombongan, DPRD Riau lakukan kunjungan ke beberapa tempat.

Riauterkini-PEKANBARU-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau dalam beberapa terakhir melakukan kunjungan kerja (kunker). Kunker itu, Komisi III Kunker ke Kantor Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kepri, Badan Musyawarah (Banmus) Kunker ke DPRD Sumatera Utara (Sumut), Komisi IV Kunker ke (Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut) BPSPL Padang dan Komisi V Kunker ke SMAN 1 Kabun Rohul.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun riauterkinicom dari media sosial pihak Humas DPRD Riau, dikupas Kunker Komisi III ke Kantor Perwakilan BPKP Kepri (2/7/21). Rombongan dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Agung Nugroho, didampingi Ketua Komisi III Husaimi Hamidi dan anggota lainnya, Karmila Sari, Sofyan Siroj, Musliadi, Syamsurizal, Sugeng Pranoto dan Syahroni Tua.

Rombongan diterima Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau, Wawan Yulianto beserta Auditor Pertama Perwakilan BPKP Kepri Jaequalin Martha Sitanggang. Yang dibahas, mengenai ekspos investigasi terhadap indikasi penyimpangan pengelolaan gedung pusat promosi se-sumatra di Batam tahun 2007 sampai tahun 2020.

Kunker selanjutnya, Banmus ke DPRD Sumut, guna memperoleh imformasi tentang peraturan-peraturan, Rabu (7/7/2021). Kunjungan dipimpin Anggota Banmus DPRD Provinsi Riau, Nurzafri, didampingi Anggota Banmus lainnya, diterima pejabat dari Sekretariat DPRD Provinsi Sumut di Ruang Badan Musyawarah DPRD Provinsi Sumut.

Acara dibuka Kasubag Humas Setwan DPRD Provinsi Sumut, Muhammad Sofyan, dia menjelaskan gambaran umum Kondisi DPRD Sumut, jumlah anggota DPRD Provinsi Sumut pada tahun 2019-2024 sebanyak 100 kursi.

Usai mendengar hal itu, Nurzafri mengucapkan terima kasih atas berkenannya DPRD Provinsi Sumut menerima kedatangan rombongan Banmus DPRD Provinsi Riau.

“Selain untuk mempererat persahabatan melalui ajang silaturrahim, juga untuk melihat dari dekat penerapan beberapa peraturan-peraturan yang berlaku bagi DPRD provinsi umumnya, dan di DPRD Provinsi Sumut khususnya sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan melalui Peraturan Perundang-undangan,” tuturnya.

Lebih lanjut Nurzafri menjelaskan, Anggota DPRD Provinsi Riau pada umumnya menanyakan penjelasan tentang masa perhentian sidang (reses), sosialisasi perda (sosper) dan kegiatan lapangan lainnya, yang mana diketahui bahwa DPRD Provinsi Sumut melakukan reses dalam kurun waktu delapan hari dengan enam titik, yang mana dananya dikelola oleh staf Sekretariat DPRD Sumut.

Menanggapi pertanyaan itu, Muhammad Sofya menjelaskan bahwa hal yang menyangkut reses dan sosialisasi perda, pihak Sekretariat DPRD Provinsi Sumut secara teknis cukup diatur melalui keputusan DPRD dan/atau Keputusan Pimpinan DPRD.

“Semua kegiatan dewan dibicarakan di tingkat Banmus, sebelum jadwal disusun, draftnya terlebih dahulu dikirim ke fraksi dan/atau komisi untuk sinkronisasi jadwal, setelah itu dibahas pada tingkat Banmus. Selain itu sebelum dijalankan, sekretaris DPRD menginformasikan terlebih dahulu kepada AKD atas masukan-masukannya kemudian dibahas di rapat Banmus,” tutupnya.

Dilanjutkan dengan kunker Komisi IV ke BPSPL Padang. Kunker ini untuk melakukan koordinasi dan konsultasi tentang penanganan pencemaran dan sampah di laut Riau, Jumat (9/7/2021). Kunker bertempat di Ruang Rapat Selat Bunga Laut, BPSPL Padang, kunjungan kerja dipimpin Wakil Ketua DPRD Hardianto, dan didampingi Wakil Ketua Komisi IV Dani Nursalam serta anggota Komisi IV lainnya, diterima oleh sejumlah pejabat di BPSPL Padang.

Dalam sambutannya, Hardianto menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan yaitu sebagai ajang silaturahmi dan konsultasi mengenai kegiatan di BPSPL Padang yang dapat dijadikan bahan informasi penyusunan kegiatan di Provinsi Riau, terutama berhubungan dengan pencemaran laut pesisir dan pulau-pulau kecil yang masih menjadi masalah yang rumit.

“Kondisi perairan di Riau yang terkena dampak limbah industri dan rumah tangga, misalnya,” tutur Hardianto.

Sementara itu, selain kunker ke luar Provinsi Riau, DPRD Riau juga melakukan kunker di Provinsi Riau, salah satunya, Komisi V kunker ke SMAN 1 Kabun, Rohul, dalam persiapan menghadapi tahun ajaran 2021/2022 serta meninjau sarana dan prasarana yang ada di SMAN 1 Kabun, Sabtu (10/7/2021).

Kunjungan dipimpin Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau Eddy M. Yatim, didampingi Wakil Ketua Komisi V Soniwati serta Anggota, Arnita Sari, Marwan Yohanes, Makmun Solihin, Kasir, Ade hartati, Sunaryo, Mira Roza, Abu Khoiri dan Zulkifli Indra. Kunjungan diterima langsung Kepala SMAN 1 Kabun, Roslah .

Dalam pertemuan, Edy M. Yatim menyampaikan jika kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut persoalan-persoalan yang terjadi di sekolah, seperti sarana dan prasarana serta melihat kesiapan SMAN 1 Kabun dalam menghadapi tahun ajaran 2021/2022.

Mendengar hal itu, Roslah mengatakan untuk sekolah yang dipimpinya sangat membutuhkan sarana dan prasarana terutama ruangan kelas dan terbatasnya tenaga pengajar.

"Terbatasnya guru di SMAN 1 Kabun membuat pihak sekolah sedikit kesulitan dalam proses belajar mengajar ditambah lagi dengan akan ditambahkannya 1 rombel ditahun ajaran baru ini," ujar Roslah.

Roslah juga menyampaikan tentang keresahannya terkait tenaga pengajar yang sebagian besar honor dan menyayangkan dimutasinya guru ASN yang berkompeten.

“Kami di SMA sebagian besar gurunya itu honor dengan SK Gubernur, hanya disayangkan sebelumnya ada guru yang berkompeten dan pegawai tetapi pihak dinas melakukan mutasi terhadap guru yang bersangkutan,” tambah Roslah.

Menanggapi hal itu, Eddy M. Yatim mengatakan akan menindak lanjuti permasalahan tersebut dan menyampaikan ke Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

"Hal ini akan kita tindak lanjuti ke Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengingat hal yang sangat dibutuhkan oleh sekolah seperti sarana prasarana dan juga akses infrastruktur jalan yang belum memadai serta terbatasnya tenaga pengajar di SMAN 1 Kabun,” ucap Eddy.(Advertorial Humas DPRD Riau/noprio sandi)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang