Rabu, 23 Juni 2021 14:04

MUI Kuansing, Dukung Kebijakan Pemkab Tanggulangi Covid - 19

Sejumlah kangkah dilakukan Pemkab Kuansing untuk menanggulangi Covid-19. MUI mendukung sepenuhnya.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Kuantan Singingi ( Kuansing), Riau meminta umat Islam mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid-19.

"Umat Islam wajib mendukung dan menaati kebijakan pemerintah dalam upaya mengatasi serta mengendalikan penyebaran Covid-19," ujar Ketua MUI Kuansing H. Bakhtiar Saleh kepada akhir pekan lalu.

Menurut Bakhtiar, sesuai hasil Rapat Dewan Pimpinan MUI Kabupaten Kuantan Singingi, Jumat (18/6/2021) MUI Kuansing komit membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Kuansing dalam penanganan penyebaran Covid - 19.

"Kita berkomitmen untuk membantu Pemda dalam penanganan virus Corona saat ini. Karena penyebaran virus ini semakin mengkuatirkan di Kuansing," katanya.

Dukungan itu kata Bakhtiar, akan diwujudkan berupa tindakan. Seperti menyurati seluruh jajaran MUI Kecamatan untuk melakukan sosialisasi protokol kesehatan.

"Kita menghimbau pengurus MUI dan para asatidz atau ustadz se Kuansing untuk bisa menjadi contoh dalam penerapan protokol Kesehatan," ajaknya.

Selain itu, MUI Kuansing juga menghimbau kepada pengurus masjid dan musala di dalam zona merah untuk menunda kegiatan pengajian atau majelis talim. Hal ini bertujuan agar penyebaran virus Covid -19 bisa ditekan.

"Sedangkan di zona lainnya bisa gelar majelis taklim tetapi tetap memperhatikan protokol kesehatan," katanya. Di samping itu, menurut dia, pemerintah dan semua elemen masyarakat juga harus selalu mengupayakan langkah-langkah penanggulangan Covid-19.

Ia juga mengatakan bahwa ikhtiar lahiriah merupakan upaya dengan terus menjaga protokol dalam melaksanakan ibadah, misalnya penggunakaan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

Begitu juga dengan keikutsertaannya dalam vaksinasi sebagai upaya mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok.

"Ikhtiar bathin dengan meningkatkan ketakwaan, munajat dan doa pada Allah SWT agar wabah segera diangkat. Keduanya harus ditempuh umat agar wabah ini cepat berlalu," pungkasnya.* (rls)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang