Sabtu, 19 Juni 2021 19:04

Sejarah Sukiman-Indra Gunawan Menuju Bupati dan Wabup Rohul, Dua Kali Digugat ke MK

Banyak aral melintang menghadang perjalanan pasangan Sukiman-Indra Gunawan pada Pilkada serentak 2020. Melalui keputusan MK, pasangan ini akhirnya jadi juga dilantik oleh Gubernur Riau.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Pasangan H. Sukiman dan H. Indra Gunawan akan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) masa bakti 2020-2024 oleh Gubernur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si, pada Senin 21 Juni 2021.

Sebelum dilantik, perjuangan panjang dijalani pasangan Sukiman-Indra Gunawan. Dalam meraih kursi Rokan Hulu satu tidaklah semulus dibayangkan banyak orang. Berbagai usaha dan upaya pasangan berjargon "Rokan Hulu Maju" ini untuk menjadi yang terbaik.

Aral melintang dijalani pasangan Sukiman-Indra Gunawan atau Sukawan pada pelaksanaan Pilkada Rokan Hulu 2020 menjadi catatan sejarah bagi masyarakat Negeri Seribu Suluk.

Pada Pilkada serentak 9 Desember 2020, Sukiman-Indra Gunawan dengan nomor urut 2 menjadi pasangan dengan perolehan suara terbanyak. Demikian juga pada pelaksanaan Pemilihan Suara Ulang atau PSU 21 April 2021, suara pasangan Sukawan tetap teratas.

Bukan hanya dua kali memperoleh suara terbanyak pada proses Pilkada serentak 2020 dan PSU Pilkada 2021, namun pasangan Sukawan juga dua kali digugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh kedua pasangan calon Bupati dan Wabup Rokan Hulu Pilkada serentak 2020.

Meski Pikada serentak 2020 di Provinsi Riau dilaksanakan di 9 kabupaten/ kota, termasuk Kabupaten Rokan Hulu. Namun bisa dikatakan Pilkada Rokan Hulu paling mengukir sejarah panjang.

Melalui proses panjang dan dua kali keputusan MK, pasangan Sukawan pada akhirnya memenangkan percaturan politik di Rokan Hulu, dan dijadwalkan dilantik oleh Gubernur Riau.

Pasca putusan MK, pasangan Sukiman-Indra Gunawan mendapat amanah dari masyarakat Rokan Hulu. Pasangan ini rencananya akan dilantik Gubri di Gedung Daerah Provinsi Riau, Kota Pekanbaru Sesuai Keputusan Menteri Dalam Negeri, Nomor : 131.144-1271 Tahun 2021 tentang Perubahan Ketiga Atas Keputusan Mentri Dalam Negeri Nomor : 131.144-281 tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah hasil Pilkada serentak tahun 2020 di kabupaten/ kota se-Provinsi Riau.

Selain pasangan Sukiman-Indra Gunawan, kabarnya Bupati dan Wakil Bupati Siak terpilih hasil Pilkada serentak 2020 juga akan dilantik Gubri di hari sama***(Adv/ Kabupaten Rokan Hulu)

Keterangan Foto: Pasangan H.Sukiman dan H. Indra Gunawan dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu pada Senin 21 Juni 2021 oleh Gubenur Riau Drs. H. Syamsuar M.Si.

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang