Senin, 14 Juni 2021 00:00

Plh Bupati Rohul Minta Proyek Sport Center Kepenuhan Sesuai DED

Sport center senilai Rp.8 miliar segera dibangun di Kecamatan Kepenuhan, Rohul, Riau. Pembangunan diharapkan sesuai DED.

Riauterkini-KEPENUHAN- Kecamatan Kepenuhan, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, bakal punya sport center senilai Rp.8 miliar. Sarana ini sengaja dibangun pemerintah untuk sarana olahraga warga.

Sport Center Kepenuhan rencananya akan dibangun di atas areal seluas 1,8 hektare dan saat ini mulai pengerjaan berupa pendataran tanah.

Hal tersebut terungkap saat tinjauan lokasi yang dilakukan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, bersama sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemkab Rokan Hulu, Sabtu 12 Juni 2021.

Agar pembangunan Sport Center Kepenuhan sesuai ekpektasi warga, Plh Bupati mewakili Pemkab Rokan Hulu meminta Pemerintah Kecamatan Kepenuhan membuat perencanaan sesuai Detail Engineering Design (DED).

Menurut pria yang akrab disapa Bang Haris ini, selain harus sesuai DED, juga perlu dilakukan kolaborasi untuk membantu pembangunan sport center dengan seluruh stakeholder yang ada, baik pemerintah pusat melalui Kemenpora, APBD Provinsi, APBD kabupaten, bahkan aktif mencari dukungan dari pihak swasta maupun perusahaan.

Haris mengungkapkan, sesuai laporan pihak Pemerintah Kecamatan Kepenuhan, bahwa Sport Center Kepenuhan direncanakan akan dilengkapi beberapa sarana olahraga.

"Ya seperti lapangan sepak bola, sepak takraw, bola voli, dan ada jogging track juga," ungkap Abdul Haris yang juga menjabat Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Rokan Hulu ini.

Diakuinya, semua tentu membutuhkan satu pekerjaan luar biasa yang diharapkan perlu disusun DED secara matang, demikian juga perencanaan lebih rinci karena akan menentukan perencanaan ke depan.

“Kita harapkan nanti ada bantuan dari APBN untuk bisa membantu membangun sarana dan prasarana olah raga di Kecamatan Kepenuhan ini,” harapan besar Haris kepada pemerintah pusat.

Selain itu, tambah Haris,perlu ada kolaborasi antara Pemkab Rokan Hulu ntuk mendapatkan bantuan APBN maupun APBD Provinsi Riau, serta sumbangan pihak swasta dan perusahaan-perusahaan yang ada di Kecamatan kepenuhan.

“Jadi kita imbau berkolaborasi seluruhnya untuk bisa mewujudkan cita-cita masyarakat Kepenuhan memiliki sport center, karena sarana ini bisa jadi tempat pusat kegiatan olahraga masyarakat dan pemuda Kepenuhan," sampainya.

Sementara, masih di tempat sama, Camat Kepenuhan, Gustia Hendri S.Sos M.Si, menerangkan pembangunan sport center dimulai dari lapangan bola kaki berstandar nasional, lapangan basket, lapangan takraw, bola voli, dan nanti didukung jogging track.

"Insya Allah sport center ini akan menjadi pusat tempat bermain keluarga dan anak-anak. Sport center ini juga bisa memberikan manfaat besar terhadap masyarakat Kepenuhan pada umumnya," kata Gustia.

"Sarana ini menunjang kegiatan olahraga untuk meningkatkan prestasi-prestasi pemuda kita di Kecamatan Kepenuhan ini," tambah Camat.

Saat ini, tambah Gustia, panitia pembangunan sport center Kepenuhan sendiri tengah merumuskan rincian anggaran biaya, karena rencana pembangunan akan dilakukan dalam tiga dimensi dan belum dipecahkan per item pembangunan ataupun kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan di atas lahan 1,8 hektare.

Gustia memperkirakan anggaran dibutuhkan untuk pembangunan sport center Kepenuhan lebih kurang Rp.8 miliar, termasuk untuk pembangunan tribun, ruang terbuka hijau atau RTH, seluruh sarana olahraga, dan sejumlah sarana olahraga lainnya.

“Kita memang belum bisa memastikan kapan bisa dimanfaatkan masyarakat, akan tetapi setelah penghamparan lahan ini selesai, insya Allah dalam waktu dekat secara gotong royong untuk membangun lapangan bantuan dari pihak ketiga,” ungkap Gustia.

Berdasarkan musyawarah dilakukan, sambung Gustia, pelaksanaan gotong-royong melibatkan pemuda dan tokoh masyarakat, serta beberapa perusahaan yang ada di Kecamatan Kepenuhan, seperti pembangunan lapangan basket dan takraw.

Lapangan sepak takraw akan dibangun CV. Kepenuhan Mulia, dimana pembangunannya akan dilakukan dalam waktu dekat ini.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang