Kamis, 10 Juni 2021 18:45

Ahli Efidemiologi Kembali Tegaskan Penyemprotan Cairan Disinfektan di Jalan tak Efektif

Cairan disinfektan efektif jika disemprot di benda-benda sering disentuh manusia. Sementara untuk jalan raya, tak efektif dan sia-sia.

Riauterkini - PEKANBARU - Ahli epidemiologi dr Wildan Hasibuan tegaskan soal efektivitas penggunaan penyemprotan disinfektan di tempat umum.

Menurut Wildan, penyemprotan disinfektan akan efektif dan bermanfaat jika dilakukan ditempat-tempat atau benda-benda yang sering bersentuhan dengan manusia. Tetapi bukan jalan raya. Jika ini tetap dilakukan, yang ada hanya sia-sia.

"Kalau di jalan raya itu sia-sia namanya. Apakah ada orang duduk-duduk, atau bersentuhan langsung. Yang ada cuma lewatkan, lalu manfaatnya apa," kata Wilda, Kamis (10/6/21).

Jika disemprotkan dengan benda-benda yang sering disentuh manusia, seperti pegangan tangga, meja atau kantor, agar kemungkinan berbagai jenis virus yang menempel mati.

Orang yang akan menyentuhnya juga tetap aman. Ini juga salah satu upaya meminimalisir penyebaran virus corona yang kemungkinan menempel diberbagai benda, kemudian menempel lagi ke orang lain menyentuhnya.

Begitu juga jika sasaran penyemprotan cairan disinfentan dilakukan di pasar, tempat orang berkumpul, beraktivitas, bertransaksi dalam berbagai hal.

"Kalau ini memang efektif, sasarannya pun memang pas. Sementara untuk jalan raya siapa yang menyentuhnya," tegas ahli epidemiologi ini lagi.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang