Kamis, 10 Juni 2021 16:04

Polda Riau Ringkus Dua Pria Penjual Sisik Tenggiling

Jajaran Polda Riau tangkap dua pemuda diduga terlibat dalam penjualan sisik Tenggiling. Polisi mengamankan 2 kantong plastik berisi sisik tenggiling dengan berat 3,4 kg.

Riauterkini - PEKANBARU - RH (32) dan SS (36) kini harus berurusan dengan Kepolisian Daerah Riau. Pasalnya kedua pria tersebut diduga terlibat dalam jual beli sisik tenggiling yang masuk dalam satwa dilindungi.

"Kedua pelaku kami tangkap saat akan menjual sisik satwa tenggiling tersebut," ujar Direktur Reskrimsus Polda Riau, Kombes Andri Sudarmadi Kamis (10/06/21).

Andri menyebutkan, para pelaku ditangkap awal Juni kemarin. Awaknya, anggota Subdit IV Tipidter menerima laporan ada penjualan sisik tenggiling. Mendapat informasi itu, pihaknya langsung melakukan penyelidikan di lokasi yang telah di kantongi petugas.

Tepat pada 2 Juni 2021 sekitar Pukul 15.00 Wib, anggota polisi langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku.

"Mereka tertangkap basah saat akan melakukan tindak pidana menyimpan atau memiliki kulit satwa yang dilindungi," ucapnya.

Para pelaku ditangkap di depan Arsad Islamic School di Jalan Imam Munandar Pekanbaru. Ketika itu para pelaku berencana menjual sisik tenggiling tersebut.

"Dari pengakuannya, sisik tenggiling atau manis javanica dilindungi itu didapatkan di wilayah Siak yang kemudian dibawa ke Pekanbaru. Setelah itu kami lakukan penangkapan," jelasnya.

Dari tangan kedua pelaku, polisi mengamankan 2 kantong plastik berisi sisik tenggiling dengan berat 3,4 Kg.

Saat ini kedua pelaku dijerat dengan Pasal 40 ayat (2) UU No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.*(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang