Rabu, 9 Juni 2021 17:54

Pulihkan Ekosistem TWA Dumai,
BBKSDA Riau Kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera

BBKSDA Riau Kerjasama dengan Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera Upaya penyelamatan kawasan dengan kegiatan pemulihan ekosistem TWA Dumai, BBKSDA Riau libatkan masyarakat setempat Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera.

Riauterkini-PEKANBARU-Balai Besar KSDA Riau melakukan penandatangan perjanjian kerjasama dengan mitra konservasi Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera, Rabu (9/6/21). Dari Balai Besar KSDA Riau, penandatanganan dilakukan Kepala Balai Besar, Suharyono dan dari Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera, penandatanganan dilakukan oleh Ketua Kelompok, Junaedi.

Kelompok Tani Hutan Meranti Sejahtera menurut Suharyono adalah mitra konservasi yang dibentuk dari masyarakat sekitar kawasan konservasi TWA Sungai Dumai.

"Langkah ini merupakan salah satu upaya yang bertujuan untuk melakukan penyelamatan kawasan dengan kegiatan pemulihan ekosistem yang melibatkan masyarakat setempat. Dimana masyarakat menjadi ujung tombak penyelamatan kawasan hutan yang lestari, mewujudkan sinergi dengan ruang lingkup kegiatan meliputi penyiapan bibit, penanaman jenis pohon endemik asli dan jenis pohon multi manfaat serta pemeliharaan tanaman. Kerjasama dilakukan selama 5 tahun dan monitoring akan dilakukan setiap 6 bulan sekali. Areal kerjasama seluas 30 ha meliputi blok rehabilitasi kawasan TWA Sungai Dumai, Wilayah Kelurahan Mundam, Kecamatan Medang Kampai, Kota Dumai," terang Suharyono.

Diharapkan, dengan keterlibatan masyarakat sekitar kawasan dalam upaya pelestarian hutan yang bersinergi, akan lebih terjaga hutan tersisa untuk kehidupan saat ini dan nanti.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang