Selasa, 8 Juni 2021 20:16

PT Arara Abadi Libatkan Poktan Desa Kotagaro Kelola Areal Konsesi

PT Arara Abadi kembalikan fungsi hutan dengan pola kemitraan bersama kelompok tani. Kerja sama itu untuk penanaman HTI.

Riauterkini - PEKANBARU - PT Arara Abadi selaku unit usaha Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas berupaya mengembalikan fungsi hutan melalui program Hutan Tanam Pola Kemitraan (HTPK).

Upaya itu melibatkan Kelompok Tani (Koptan) Hutan Pebadaran Desa Kotagaro Kecamatan Tapung Hilir, Kabupaten Kampar, dengan mengelola areal konsesi seluas 243,8 hektar. Koptan Hutan Pebadaran diberi pelatihan dan fasilitas dalam pemanfaatan lahan dengan pola praktek Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

"Kerja sama pengelolaan lahan dari PT Arara Abadi ini tentu kesempatan khususnya bagi Koptan Hutan Pebadaran. Sasarannya, bagaimana ekonomi masyarakat terbantu dari olahan lahan yang difasilitasi pihak perusahaan," kata Ketua Koptan Hutan Pebadaran Desa Kotagaro, Deby Sahrul Gunawan, Selasa (8/6/21).

Pola kerja sama antara Poktan Hutan Pebadaran dengan cara pola kemitraan, yakni, dengan bentuk penanaman Hutan Tanaman Industri (HTI). Poktan Hutan Pebadaran yang terlibat penanaman tanaman eucalyptus ini dilakukan pembagian fee.

“Kami berharap dengan kerjasama pola kemitraan ini, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Kotagaro dengan tetap memperhatikan lingkungan. Selain bentuk kerjasama pola kemitraan HPTK ini, kita juga nantinya melakukan program lainnya dengan PT Arara Abadi berupa program tanaman Hortikultura melalui Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA),” ungkap Deby.

Tokoh Masyarakat Kotagaro, Abdul Rahim Tungkek Dt Majo Indo mendukung program kerjasama antara Poktan Perbandaran dengan PT Arara Abadi. Kerja sama melalui pola kemitraan itu dapat meningkatkan kesejahteraan dan terus berkelanjutan.

Ada pun pola kerja sama berkelanjutan yang dimaksud, adalah pemanfaatan lahan dalam bentuk tanaman lainnya. Seperti penanaman tanaman pangan seperti, cabe, jagung berbagai jenis hortikultura lainnya.

”Kalau tanaman pangan seperti, cabe, jagung ini bisa dilakukan, tentu tak hanya bicara pemanfaatan lahan, meningkatnya kesejahteraan. Tapi juga, upaya membantu pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan juga bisa diwujudkan," ungkap Rahim.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang