Sabtu, 15 Mei 2021 19:30

Kapten Negatif, Tanker MT ARK India Diperbolehkan Meninggalkan Indonesia

Kapal Tanker MT ARK Progress berbendera India yang bersandar di Dumai akhirnya diperbolehkan meninggalkan wilayah Indonesia. Setelah kapten kapal dinyatakan negatif corona.

Riauterkini - PEKANBARU - Kapten Kapal Tanker MT ARK Progress berbendera India, JRM (64), yang sebelumnya positif Covid-19, kini sudah sembuh. Dia sudah diperbolehkan meninggalkan rumah sakit di Pekanbaru, Sabtu (15/05/21). Kemudian juga diperbolehkan membawa kapal yang sebelumnya bersandar di Pelabuhan Dumai itu meninggal wilayah Indonesia.

Saat itu, Kapten JRM dievakuasi dari kapal oleh Polres Dumai bersama-sama dengan Dinas Kesehatan dan KKP Dumai, dan mulai menjalani perawatan pada Minggu (2/5/2021). Dimana dalam perjalanan perawatan JRM sempat dirujuk di salah satu rumah sakit di Pekanbaru lantaran kondisinya semakin memburuk.

"Kapten kapal sudah dinyatakan negatif dan diperbolehkan pulang. Besok kapal tanker sudah diperbolehkan kembali ke India dengan membawa 6.000 ton CPO," ujar Kapolres Dumai, AKBP Andri Ananta Yudistira, Sabtu (15/05/21).

Andri menuturkan, kapal tanker pengangkut CPO MT ARK Progress juga sudah mengantongi Sertifikat Izin Karantina yang dikeluarkan Kantor Kesehatan Pelabuhan Laut Dumai. Sertifikat Izin Karantina tersebut dikeluarkan KKP Dumai pada 11 Mei 2021.

KM ARK Progress akan berangkat menuju India dengan membawa 6.000 ton CPO. "Rencananya KM ARK Progress akan berangkat meninggalkan Dumai menuju India dengan membawa 6.000 ton CPO esok hari, Minggu (16/05/21) besok," katanya.

Dijelaskannya, dari 6.000 ton CPO sawit Riau yang dibawa tersebut, pajak yang diterima negara sebesar Rp 10 miliar. Sementara total 6.000 ton CPO sawit yang dibawa ke India memiliki nilai Rp 97,5 miliar.

"Negara memperoleh pendapatan pajak dari 6.000 ton CPO diangkut ke India tersebut sebanyak Rp10 miliar. Selain itu, nilai 6.000 ton CPO tersebut sama dengan Rp 97,5 miliar," tutur Andri.

Selain kapten kapal tanker MT JRM, 4 ABK juga dinyatakan positif Covid-19. Saat itu, dia berada di Perairan Laut Dumai untuk proses pemuatan di Dermaga PT Energi Unggul Persada.

Kapten Kapal Tanker MT ARK Progress dirawat pada sebuah rumah sakit di Pekanbaru. Sementara 4 ABK menjalani isolasi mandiri dan perawatan di atas kapal.*(arl)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang