Senin, 3 Mei 2021 12:58

Hendak Muat CPO di EUP Dumai, Kapten Kapal Asal India Positif Covid-19

Seorang kapten kapal asal India diisolasi. Positif Corona saat hendak muat CPO di Dumai.

Riauterkini-DUMAIĀ - Kapten MT ARK PROGRES berinisial JRM yang hendak muat Crude Palm Oil (CPO) di perusahaan PT Energi Unggul Persada (EUP) di Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai dilaporkan positif Covid-19.

Pimpinan PT Energi Unggul Persada, Rudi membenarkan perihal kapten kapal berbendera negara India positif Covid-19. "Benar positif covid-19. Tapi sudah dievakuasi untuk penanganan medis," katanya menjawab riauterkini.com, Senin (3/5/21).

Sedangkan untuk anak buah kapal, kata Rudi, hasil pemeriksaan negatif. Maka aktifitas muat CPO dari pabrik ke kapal sedang dilakukan dan prosesnya hampir siap. "Dari total 22 kru, 1 dinyatakan positif covid-19. Dan 21 orang lain negatif, makanya proses muat berlangsung dan hampir siap," katanya.

Sebagai data pendukung, mengenakan pakaian bak astronot dikenal dengan Alat Pelindung Diri (APD), anggota Polres Dumai, mengevakuasi kapten kapal berkewarnegaraan India, Minggu (2/5/21) sore, pukul 16.16 WIB.

Kapten kapal berinisial JRM dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19. Dalam kapal berbendera India itu terdapat 22 orang kru semuanya warga negara India. "Benar, kita evakuasi kapten kapal atau master kapal dengan mengenakan APD lengkap.

Evakuasi dilakukan oleh tiga anggota Polres Dumai dari kapal dengan mengenakan APD lengkap. Dari video yang viral diterima Selasar Riau, ABK warga negara India tersebut juga mengenakan pakaian APD dan berjalan dengan langkah gontai.

Usai turun dari kapal selama ini ia bekerja, ABK warga negara India ini dengan pengawalan mobil polisi dievakuasi ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Hasil pemeriksaan terakhir kondisi kapten kapal, suhu tubuhnya 36 C, kadar oksigen atau saturasi 80 persen, serta dan mengalami sesak nafas ringan.

Informasi dirangkum, pekan lalu, Selasa (27/4/2021), sekitar pukul 16.05 WIB, Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai mendapat pemberitahuan kedatangan kapal dari agen pelayaran.

Sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP), setiap kapal akan merapat, kru ABK diwajibkan untuk menjalani rapid test Antigen. Hasilnya, dari 22 ABK yang menjalani tes, 2 di antaranya dinyatakan positif.

Keduanya, satu kapten kapal atau master, serta satu lagi ABK. Kapten kapal awalnya tak percaya, dan meminta untuk tes ulang. Pihak KKP Dumai mengabulkan permintaan tersebut, dan tetap saja hasilnya positif untuk kapten kapal.

Esok harinya, Rabu (28/4/2021), agen pelayaran kapal dan KKP Dumai melakukan pemeriksaan Swab PCR dengan mendatangkan petugas medis dari RS Awal Bross Pekanbaru.

Tes ini dilakukan untuk kedua orang sebelumnya dinyatakan positif dari rapid test antigen. Hasilnya, tetap positif untuk kapten kapal. Usai dinyatakan positif dari Swab PCR, kapten kapal kemudian menjalani isolasi mandiri di kapal ia nakhodai.*(ha)

#satgascovid19
#ingatpesanibu
#ingatpesanibupakaimasker
#ingatpesanibujagajarak
#ingatpesanibucucitangan
#pakaimasker
#jagajarak
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitangan
#cucitangandengansabun

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang