Sabtu, 1 Mei 2021 19:05

Plh Bupati dan Ketua BAZNAS Rohul Kunjungi Keluarga Rafli di Desa Aliantan

Plh Bupati Rohul tetap bertugas di hari liburnya. Haris bersama Ketua BAZNAS Rohul dan dinas terkait mengunjungi rumah keluarga Rafli, pemuda yang menderita cacat sejak lahir di Desa Aliantan.

Riauterkini-KABUN- Meski hari libur kerja, H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, yang belum ini ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu (Rohul), menyempatkan waktu luangnya mengunjungi masyarakat kurang mampu di daerahnya.

Seperti pada Sabtu 01 Mei 2021, Abdul Haris yang dkenal peduli dengan masyarakat ini menjenguk Rafli Irwansyah (16 tahun), warga Desa Aliantan Kecamatan Kabun yang menderita cacat sejak lahir.

Kunjungan Plh Bupati Rokan Hulu didampingi istrinya yang juga Ketua Darma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Rokan Hulu, Hj. Neti Herawati, membuat kaget pihak keluarga Rafli.

Rasa kaget tampak jelas pihak keluarga Rafli saat melihat Abdul Haris dan istrinya baru turun dari mobilnya, apalagi kunjungan pejabat Pemkab Rokan Hulu bertepatan bulan suci Ramadhan yang pernuh berkah.

Selain itu tampak mendampingi Ketua BAZNAS Rokan Hulu Drs. H. Armen ZA, Kabid Perempuan dan Sosial Dinas Sosial P3A Rokan Hulu Hadiyanto, Camat Kabun Anang Perdana Putra, Kades Aliantan M Rois.

Pada kunjungan tersebut, Plh Bupati Rokan Hulu menyalurkan bantuan berupa uang tunai kepada pihak keluarga Rafli.

Abdul Haris mengaku iba setelah melihat kondisi Rafli yang kurus. Ia hanya bisa terbaring lemah sekira 16 tahun, dan menanggung sakit yang tidak kunjung sembuh.

Ia sendiri mendapatkan informasi kondisi Rafli yang memprihatinkan dari masyarakat. Ia tampak sedih melihat pergerakan Rafli mulai terbatas di tempat tidur, dan berapa bagian kulit pemuda ini mulai terkelupas.

"Ini yang membuat saya dan istri, serta Ketua BAZNAS Rokan Hulu merasa iba, sehingga kami menyempatkan diri‎ mengunjungi rumahnya bersama pihak Dinas Sosial," jelas pria yang akrab disapa Bang Haris ini, Sabtu.

Haris menerangkan Pemkab bersama BAZNAS dan beberapa Kepala OPD Rokan Hulu sengaja menjenguk Rafli untuk membantu meringankan sedikit beban keluarganya yang tergolong kurang mampu.

"Kita akan mengupayakan agar keluarga ini masuk dalam DTKS, sehingga dapat menerima bantuan dari pemerintah," harapnya.

"Dan Khusus untuk ananda Rafl kita juga akan mengupayakan agar mendapatkan perawatan dan pengobatan tanpa harus memberatkan pembiayaan," tambah Haris.

Sebelumnya, Haris mengaku ia sudah berkomunikasi dengan pihak Puskesmas Kabun dan Dinas Kesehatan Rokan Hulu, bagaimana agar Rafli segera mendapatkan penanganan tim medis dan segala biaya digratiskan.

Selain masalah pengobatan Rafli, pihak Pemkab dan BAZNAS Rokan Hulu juga berupaya untuk membantu perekonomian keluarganya berupa modal usaha.

"Kebetulan rumah beliau di pinggir jalan, sehingga dapat dibuka kantin atau sejenisnya. Kita harapkan ini dapat membantu perekonomian keluarga ananda Rafli, aamin," harapan besar Haris.

Masih di tempat, Kepala Desa Aliantan M. Rois Zakaria, menjelaskan bahwa ibu dari Rafli merupakan janda yang ditinggal pergi suaminya sejak 6 tahun terakhir.

"Hingga sekarang tidak diketahui keberadaannya, sehingga kami dari pemerintah desa merasa ikut bertanggung jawab membantu keluarga Rafli," kata M. Rois.

Rois mengungkapkan bahwa Rafli menderita lumpuh sejak lahir. Ia lahir kembar dan prematur, sehingga membutuhkan penanganan dokter. Karena kekurangan biaya, Rafli menderita lumpuh, sedangkan kembarannya meninggal dunia.

Rois mengucapkan terima kasih ke Plh Bupati Rokan Hulu beserta jajaran yang menyempatkan waktunya libur kerjanya untuk berkunjung dan membantu keluarga Rafli yang merupakan warganya.

"Mengingat saat ini bulan suci Ramadhan, tentunya kami berharap apa-apa yang telah diberikan kepada warga kami ini dapat bernilai ibadah di mata Allah SWT," kata Rois.

Selain bantuan dari Pemkab dan BAZNAS Rokan Hulu, Pemdes Aliantan diakui Rois juga membantu untuk penyembuhan Rafli dengan melakukan pengumpulan dana, dimana saat ini sudah terkumpul sekira Rp.5.400.000.

"Kami juga telah memasukkan keluarga Rafli ke dalam penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD)," tandas Rois.***(zal)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang