Ahad, 25 April 2021 15:29

Plh Bupati Rohul Tinjau Pemasangan Road Barrier Beton di U-Turn Depan Kantor BRI

Plh Bupati Rohul mendukung u-turn depan Kantor Bank BRI Pasirpengaraian ditutup permanen pakai road barrier beton, mengingat berpotensi terjadi Lakalantas.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu (Rohul), H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, ikut melihat saat personel Dinas Perhubungan (Dishub) memasang road barrier beton di u-turn depan Kantor Bank BRI Pasirpengaraian.

Pemasangan road barrier beton di u-turn depan kantor Bank BRI Cabang Pasirpengaraian dilakukan Dishub Rokan Hulu karena adanya laporan masyarakat dan sudah melalui kajian.

Pasca beroperasinya Kantor Bank BRI Cabang Pasirpengaraian, aktivitas dan arus lalu lintas di u-turn atau tempat utar balik arah kendaraan semakin ramai dan padat.

Mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas (Lakalantas), maka Dishub Rokan Hulu memasang road barrier atau pembatas jalan dari beton di tempat putar balik tersebut.

Selain personel Dishub, Abdul Haris di hari pertama menjabat Plh Bupati Rokan Hulu melihat langsung proses pemasangan pembatas jalan di depan Kantor Bank BRI Cabang Pasirpengaraian tersebut pada Jumat pagi 23 April 2021.

Selain itu, tampak juga Plt Kadishub Rokan Hulu Minarli Ismail SP, Kabid Lalulintas Angkutan Jalan Dishub Rokan Hulu Afrizal S.Sos, dan sejumlah personel Satlantas Polres Rokan Hulu.

Plh Bupati Rokan Hulu, Abdul Haris, mengatakan pemasangan road barrier dilakukan setelah dilakukan kajian dengan Dishub dan Satlantas Polres Rokan Hulu.

Urgensi pemasangan road barrier terbuat dari beton sangat diperlukan dalam mencegah terjadinya Lakalantas, mengingat water barrier sebelumnya yang dipasang bisa dipindahkan oleh pemakai jalan.

Abdul Haris mengaku u-turn ini ditutup secara permanen karena sebelumnya berpotensi terjadi Lakalantas.

"Dipasang permanen agar tidak bisa dibuka tutup lagi," jelas Haris yang merangkap jabatan sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu.

"Jadi u-turn ini ditutup karena banyaknya laporan masyarakat yang merasa tempat balik arah kendaraan mengganggu keamanan, dan rawan kecelakaan," tambah Haris.

Sementara, Plt Kadishub Rokan Hulu, Minarli Ismail, menerangkan pemasangan road barrier beton di u-turn depan Kantor Bank BRI Cabang Pasirpengaraian melalui kajian sebelumnya, agar tidak memicu Lakalantas.

"Tempat putar balik itu sangat berbahaya dan dapat memicu Lakalantas, maka kita lakukan beberapa tindakan," kata Minarli.

Minarli mengaku water barrier sebelumnya yang terbuat dari plastik sering digeser oleh pengguna jalan, dan hal itu memicu bahaya.

"Agar tidak digeser lagi makanya kita ganti dengan road barrier beton. Perintah pak Plh Bupati Rohul kalau bisa ditutup permanen, supaya tidak terjadi Lakalantas," ungkap Minarli.

Selain mencegah Lakalantas, tambah Minarli, pemasangan road barrier juga untuk mencegah balapan liar, dan pengendara yang menyerobot forboden.

“Tujuan kita sebenarnya untuk mengatur lalu lintas supaya tidak terjadi kecelakaan. Kita berusaha perlancar mengaman lalulintas, bukan menutup akses sama sekali," jelas Minarli.

"Kalau tempat lain untuk memutar arah bahkan sampai 1 kilometer, biarlah kita jauh memutar asal selamat berlalu lintas," tandas Minarli.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang