Jum’at, 23 April 2021 19:03

Plh Bupati Support Safari DDII di Daerah Pedalaman Kabupaten Rohul

Safari Dakwah dilakukan Dai DDII di daerah pelosok mendapatkan support dan dukungan dari Pemkab Rohul.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul), Riau, support dan mendukung penuh Safari dilakukan Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII) dalam memberikan pembinaan dan pendidikan agama di daerah pelosok.

Demikian disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Bupati Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, Jumat 23 April 2021, saat menerima Kunjungan Ketua Umum DDII Rokan Hulu, dan sejumlah dai di ruangan VIP Islamic Center Rokan Hulu, Pasirpengaraian.

DDII sendiri terjunkan Dai atau Pendakwah untuk penyebaran Program Dakwah di Kabupaten Rokan Hulu, terutama di daerah pelosok atau pedalaman.

"Hari ini kita dikunjungi Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia dari Jakarta, beliau-beliau ini akan melakukan dakwah di daerah terpencil di Rohul," jelas Abdul Haris, usai Shalat Jumat di Masjid Agung Islamic Center Rokan Hulu.

Untuk mendukung kegiatan dakwah, Haris meminta Dai DDII mengambil data di Kantor Kemenag Rokan Hulu, sehingga mengetahui di daerah mana saja yang bisa diberikan pembinaan demi kemajuan masyarakat, baik dari segi pendidikan dan ilmu keagamaan.

"Kita mengapresiasi Dai-Dai yang berkunjung ke daerah-daerah terpencil untuk mengunjungi untuk memberikan pembinaan dakwah kepada masyarakat," sampai Haris.

Pria yang pernah menduduki jabatan penting di lingkungan Pemkab Rokan Hulu ini menjelaskan pola kerjasama dilakukan, nantinya ada dua putra Rokan Hulu yang akan dididik di perguruan tinggi di Jakarta.

Dan setelah menimba ilmu, mereka dapat melakukan pembinaan kepada masyarakat yang akan ditugaskan di kampung halamannya, Kabupaten Rokan Hulu.

Untuk kemajuan masyarakat dan daerah, Haris mengaku Pemkab Rokan Hulu tetap berpartisipasi dan mendorong agar anak-anak yang dikirim bisa mengikuti pendidikan dengan baik.

"Ke depan kita akan lakukan MoU dengan pihak-pihak terkait sesuai ketentuan yang ada. Kita berupaya untuk mengakomodir DDII dalam menyebarkan dakwah di Rohul," tandas Abdul Haris yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu.

Masih di tempat sama, Kakan Kemenag Rokan Hulu Drs. H. Syahruddin M.Sy mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi DDII Rokan Hulu yang ikut berjuang untuk berdakwah di daerah-daerah pelosok dalam memberikan pendidikan agama ke masyarakat.

"Hasil kesepakatan dengan Plh Bupati, kita akan melakukan pemetaan daerah mana saja yang sangat membutuhkan penyegaran pembinaan keagamaan yang akan dilakukan oleh lembaga dakwah ini," jelas Syahrudin.

Syahrudin menerangkan ada dua pembinaan yang perlu dilakukan Dai DDII, pertama para muallaf yang masuk Islam di setiap kecamatan, dan kebanyakan daerah mereka memilih mualaf karena mau menikah, sehingga mereka perlu diberi pembinaan.

"Kedua, di daerah pelosok yang kurang pengetahuan agama, karena di sana tidak ada pengajian-pengajian dan sangat jarang sehingga ini menjadi prioritas kita bersama dalam memberikan penyebaran dakwah," paparnya.

Kemenag dan Pemkab Rokan Hulu, tambah Syahrudin, akan melakukan pemetaan dan bekerjasama dengan BAZNas Rokan Hulu bagaimana untuk pembiayaan, dan mengajak pihak Perbankan ikut membantu Dai DDII yang turun ke desa-desa.

Sementara, Ketua Umum Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Agus Salim M.Pdi, menerangkan DDII Rokan Hulu bersama Tim Safari Dakwah turun ke masyarakat untuk memberikan motivasi dakwah kepada para Dai di daerah pedalaman.

"Alhamdulillah kami sudah sembilan hari berdakwah di 17 titik. Satu titik lagi kita akan berdakwah di Petakur, Ujung Batu," jelas Agus.

Saat ini, tambah Agus Salim, dai dari DDII baru menjangkau tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Ujung Batu, Kecamatan Tandun, dan Kecamatan Rokan IV Koto. Karena kondisi terbatas, maka Dai akan melanjutkan dakwah di Kota Pekanbaru dan Kabupaten Indragiri Hilir.

"Satu Dai diturunkan di Rohul didampingi beberapa tim ada tujuh orang. Jadi tim ini nanti yang akan bergerak sampai ke pelosok melakukan dakwah kepada masyarakat," ungkap Agus.

Sistem dakwah dilakukan Dai DDII sendiri yaitu memberikan motivasi ke masyarakat bagaimana hati tergerak untuk membina di daerah pedalaman, dan menambah ilmu agama masyarakat.

Agus mengaku Safari Dakwah juga sudah dilaksanakan DDII di daerah pedalaman di Provinsi Riau, seperti dengan suku Talang Mamak, Aku, Rangsang, Sakai, dan lainnya.

"Kami bersama ustad Somad juga sudah membina masyarakat sejak dulu sebelum beliau terkenal," tandas Agus yang didampingi Dai DDII dari Jakarta asal Lombok, Lalu Hafidzon Rahman.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang