Selasa, 20 April 2021 18:13

Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha Kabupaten Rohul Siap Bangkitkan Iklim Investasi

Pasca terbentuk, Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha tancap gas berupaya bangkitkan iklim berusaha dan investasi di Kabupaten Rohul. Tim Satgas akan menginventarisir semua kendala perizinan.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, telah terbentuk. Tim ini diharapkan dapat mempercepat iklim berusaha dan investasi.

Pembentukan Tim Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha ini adalah mendukung program pemerintah tertuang di Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 91 tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha dan mendukung Pelaksanaan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Pasca dibentuk, Tim Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha menggelar rapat pembahasan awal dibuka Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili Asisten III Setdakab Rokan Hulu Edi Suherman, di ruang Rapat Lantai III Kantor Bupati Rokan Hulu di Pasirpengaraian, Senin 19 April 2021.

Rapat awal yang membahas Penilaian Kinerja Percepatan Pelaksanaan Berusaha Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu ini dihadiri Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rokan Hulu Goreng S.Sos, M.Si.

Hadir juga Kadisdikpora Rokan Hulu Drs H Ibnu Ulya M.Si, Kadiskop UKM Nakertrans Zulhendri S.Sos, M.Ip, Perwakilan Kadiskes Rokan Hulu Nana Sumpena SKM, dan perwakilan instansi terkait sebagai Pelaksana percepatan perizinan.

Usai rapat, Kepala DPMPTSP Kabupaten Rokan Hulu, Gorneng, mengatakan Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha telah terbentuk secara berjenjang mulai tingkat pusat, provinsi hingga kabupaten/kota.

Menurut Gorneng, terbentuknya Tim Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha Kabupaten Rokan Hulu, diharapkan dapat meningkatkan usaha dan investasi di Negeri Seribu Suluk.

Gorneng menerangkan bertindak Ketua Tim Satgas Percepatan Pelaksanaan Berusaha Kabupaten Rokan Hulu adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, dan DPMPTSP sebagai dinas pelaksana karena dunia investasi merupakan leading sektornya.

"Intinya bagaimana jenis usaha di kabupaten/ kota, investasi dan usaha dapat berjalan dan berkembang, khususnya di Rokan Hulu," jelas Gorneng.

Pria yang pernah menjabat Kadiskominfo Rokan Hulu ini menerangkan pelaksanaan percepatan berusaha juga untuk mengimplementasi Undang-Undang Cipta Kerja, dimana dalam undang-undang tersebut ada kemudahan untuk berusaha dan berinvestasi.

"Adapun jenis perizinan yang dilayani keseluruhan, makanya nanti instansi terkait yang mengelolanya. Misalnya izin pendidikan ada tim teknis dari Disdikpora, begitu juga dengan izin lain ada tim teknisnya," ujar Gorneng.

Tim Satgas ini, tambah Gorneng, nantinya akan melakukan pengawalan, penyelesaian hambatan, penyederhanaan terhadap izin yang diproses, masih bermasalah, maupun izin yang baru, serta langkah konkrit lain yang akan dilakukan, seperti inventarisasi dan evaluasi yang menghambat pelaksanaan percepatan berusaha.

Selain itu, Tim Satgas juga akan inventarisir jumlah izin yang masuk, serta izin yang sudah selesai dan izin yang belum selesai.

"Ini tentunya harus diketahui apa penyebab dan kendalanya. Itulah tugas Satgas nanti, bagaimana meningkatkan investasi dan perekonomian masyarakat," tandas Gorneng.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang