Selasa, 20 April 2021 17:22

Pemkab Rohul Salurkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung di Kelurahan Kepenuhan

Sekira dua bulan menunggu, korban bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah menerima bantuan stimulus dari Pemkab Rohul. Besaran bantuan diterima sesuai klasifikasi kerusakan.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Korban bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah, Kecamatan Kepenuhan menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul).

Bantuan bersifat stimulus tersebut diserahkan oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Rokan Hulu H. Abdul Haris S.Sos, M.Si, di aula gedung pertemuan Kecamatan Kepenuhan, Senin 19 April 2021.

Penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Rokan Hulu dari Fraksi Gerindra M. Ilham, Danramil Kepenuhan, Camat Kepenuhan Gustia Hendri, Sekretaris BPBD Rokan Hulu, dan Plt. Lurah Kepenuhan Tengah Suhaimi, serta para kepala desa yang ada di Kecamatan Kepenuhan.

Berdasarkan data BPBD Rokan Hulu, bencana angin puting beliung pada 10 Februari 2021, sekira 91 Kepala Keluarga (KK) di Kelurahan Kepenuhan Tengah dilaporkan rusak setelah diterjang puting beliung.

Sekda Rokan Hulu Abdul Haris mengatakan, bantuan bersifat stimulus ini disalurkan untuk meringankan beban korban bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah.

"Pasca kejadian saya ikut menyaksikan secara langsung bagaimana dampak akibat bencana tersebut, dan memang cukup luar biasa sekali pengaruhnya," jelas Abdul Haris.

Mewakili Bupati Rokan Hulu, Abdul Haris mengimbau masyarakat yang terdampak musibah menjadikan bencana tersebut sebagai sebuah ujian, sehingga harus bersabar dan ikhlas.

Bencana yang terjadi juga bisa menjadi cambuk bagi diri sendiri bagi masyarakat sehingga lebih giat bersama-sama bahu membahu dan bersatu padu dalam menghadapi musibah.

"Kejadian ini merupakan kekuatan besar bagi masyarakat agar bisa bersama-sama melanjutkan aktivitas pembangunan," harapnya.

Abdul Haris mengajak masyarakat, khususnya di Kelurahan Kepenuhan Tengah bangkit dan beraktivitas seperti biasa, sehingga kehidupan ke depan lebih baik lagi dari sebelumnya.

Abdul Haris mengungkapkan total bantuan yang diserahkan kepada korban bencana puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah sebesar Rp.178.877.000.

Besaran bantuan sendiri sesuai klasifikasi yang dilakukan tim penilaian Pemkab Rokan Hulu, seperti klasifikasi rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan.

Masih di tempat sama, Camat Kepenuhan, Gustia Hendri mengakui terjangan puting beliung di Kelurahan Kepenuhan Tengah bukan hanya merusak rumah warga, beberapa fasilitas umum juga porak-poranda.

Sementara, Plt. Lurah Kepenuhan Tengah, Suhaimi, mengungkapkan puting beliung merusak sekira 96 bangunan, seperti fasilitas umum, GOR, gedung dan los pasar.

Sejumlah fasilitas pendidikan juga rusak, seperti di SMA Negeri Kepenuhan, MTs Kepenuhan, serta SD Negeri 05 Kepenuhan, Kantor Camat Kepenuhan, Gedung Pertemuan Kelurahan, serta beberapa tempat ibadah termasuk surau suluk.

Selain bantuan stimulus dari Pemkab Rohul, warga terdampak bencana puting beliung sebelumnya juga telah menerima bantuan Sembako dari Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Rokan Hulu.***(Adv/ Pemkab Rokan Hulu)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang