Senin, 12 April 2021 15:00

Ops Keselamatan Lancang Kuning 2021, Kapolres Rohul Pesankan ini ke Masyarakat

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 mulai dilaksanakan jajaran Polres Rohul. Ada beberapa target sasaran, dan di antaranya masyarakat yang mentaati protokol kesehatan.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Rokan Hulu (Rohul), Riau, mulai melaksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 resmi dimulai setelah dilaksanakan Apel Gelar Pasukan dengan Inspektur Apel Kapolres Rokan Hulu AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, di lapangan apel Mapolres Rokan Hulu, Pasirpengaraian, Senin pagi 12 April 2021.

Sementara, bertindak sebagai Perwira Apel yaitu Kasat Lantas Polres Rokan Hulu AKP Bagus, dan Komandan Apel yaitu Kanit Regiden Satuan Lantas Polres Rokan Hulu Iptu Effendi Lupino.

AKBP Taufiq menerangkan untuk operasi tahun ini mengangkat tema "Melalui Operasi Keselamatan 2021 Kita Wujudkan Kamsebtibcarlantas yang Mantap dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 dengan Meningkatkan Disiplin Protokol Kesehatan serta tidak Melaksanakan Mudik Lebaran tahun 2021".

Pada arahannya, Kapolres Rokan Hulu menyampaikan beberapa target strategis dari Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021.

AKBP Taufiq menyampaikan bahwa Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 merupakan operasi terpusat dengan sandi Keselamatan 2021 dan dilaksanakan selama 14 hari serentak di Indonesia, mulai tanggal 12 April sampai 25 April 2021.

"Operasi ini mengedepankan giat preemtif dan preventif serta Gakkum secara selektif dan prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan dan tertib berlalulintas," papar AKBP Taufiq dalam arahannya.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021, tambah AKBP Taufiq, sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dan diharapkan mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran, serta Kamsebtibcarlantas.

"Operasi ini juga meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalulintas. Kemudian membangun budaya tertib berlalulintas dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik," ujar AKBP Taufiq.

Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021 sendiri bertujuan meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat tentang protokol kesehatan (Prokes) tertib berlalulintas, dan menurunkan angka lakalantas serta pemahaman masyarakat tentang larangan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 2021.

Target operasi Keselamatan Lancang Kuning 2021, diakui AKBP Taufiq adalah benda, manusia dan tempat lokasi yang difokuskan pada rest area.

"Target lain yaitu pengemudi Ranmor (kendaraan bermotor) yang tidak melaksanakan Prokes, masyarakat yang tidak melaksanakan Prokes, serta masyarakat yang berkerumun pada lokasi tertentu," tandas Kapolres Rokan Hulu mengakhiri arahannya.***(zal)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang