Jum’at, 5 Maret 2021 17:11

Groundbreaking Pembangunan Rusun Ponpes Syeh Burhanuddin Kuntu Digelar

Peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Rumah Susun (rusun) Pondok Pesantren Syeh Burhanuddin Kuntu di Desa Kuntu Darussalam, Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar digelar.

Riauterkini-PEKANBARU-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang diwakili Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III , Zubaidi, S.T., M.T., bersama anggota Komisi V DPR RI, H. Syahrul Aidi Maazat, L.c., M.A. melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Rumah Susun (rusun) Pondok Pesantren Syeh Burhanuddin Kuntu yang terletak di Desa Kuntu Darussalam, Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Sabtu (20/2/21).

Acara Peletakan Batu Pertama (groundbreaking) Pembangunan Rusun Ponpes Syeh Burhanuddin Kuntu yang dihadiri Anggota Komisi V DPR RI, Anggota DPRD Provinsi Riau, Bupati Kabupaten Kampar, Kepala Balai P2P Sumatera III, Kepala Satker Penyediaan Perumahan Provinsi Riau, PPK Rusun dan Rusus Provinsi Riau, dan penerima bantuan.

Turut hadir dalam acara peletakan batu pertama ini, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau, Aldino Herupriawan, S.T., M.T. beserta PPK Rumah Susun dan Rumah Khusus Andi, S.T., Bupati Kabupaten Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, SH., dan Pimpinan Ponpes Syeh Burhanuddin Kuntu K.H. Ahmad Junaidi Djamarin.

Dalam sambutannya Zubaidi, S.T., M.T. menegaskan bahwa kebijakan Kementerian PUPR saat ini fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur, sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi serta kualitas kehidupan sosial masyarakat. Peran Kementerian PUPR dalam membangun kualitas bangsa guna memenangkan persaingan global salah satunya adalah melalui pembangunan infrastruktur perumahan untuk masyarakat di seluruh pelosok tanah air, termasuk rumah susun pada pondok pesantren sebagai fasilitas penunjang dalam bentuk sarana tempat tinggal bagi para santri yang sedang menimba ilmu pengetahuan, baik verbal maupun spiritual.

“Pembangunan rusun pondok pesantren ini dibiayai oleh dana APBN Tahun Anggaran 2021 melalui DIPA Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau. Bangunan rumah susun ini berupa bangunan prototipe sebanyak 1 tower 3 lantai, dengan tipe hunian Barak Mini sebanyak 6 (enam) barak yang diperuntukkan sebagai asrama santri. Rumah susun ini juga telah dilengkapi dengan penyambungan listrik dan sarana air bersih, meubelair, serta PSU sehingga bangunan ini siap untuk digunakan oleh para santri sebagai sarana tempat tinggal yang layak” jelasnya.

Rusun yang dibangun dengan kapasitas daya tampung 128 santri ini merupakan aspirasi rakyat yang disalurkan melalui Wakil Rakyat Provinsi Riau.

Melalui aspirasi yang diusulkannya, anggota Komisi V DPR RI, H. Syahrul Aidi Maazat, L.c., M.A mengatakan bahwa pada tahun 2020 telah terbangun Rusun Ponpes Syafaaturrasul di Kabupaten Kuantan Singingi, dan pada tahun ini usulan Pembangunan Ponpes Syeh Burhanuddin Kuntu telah mulai dilaksanakan. Untuk tahun berikutnya akan disahakan agar bantuan pembangunan ponpes lainnya di Provinsi Riau dapat kembali dianggarkan pada APBN melalui Ditjen Perumahan Kementerian PUPR.

Bupati Kabupaten Kampar menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Wakil Rakyat yang telah memperjuangkan aspirasi masyarakatnya serta kepada Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Kementerian PUPR melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Riau sebagai pelaksana pembangunan.

Rasa syukur juga turut disampaikan oleh K.H. Ahmad Junaidi Djamarin selaku perwakilan penerima bantuan atas realisasi pembangunan rusun pondok pesantren ini.

Sejak didirikan pada tanggal 01 Februari 1973 Pondok Pesantren Syeh Burhanuddin Kuntu mendapat dukungan positif, baik moral maupun materil dari Pemerintah Daerah dan lapisan masyarakat sekitar, sehingga mengalami kemajuan yang sangat menggembirakan.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang