Rabu, 3 Maret 2021 09:31

Masyarakat Gunung Toar Akui PETI Masih Marak di Wilayahnya

Gunung Toar salah satu kecamatan di Kuansing yang banyak mengandung emas. Masyarakat mengakui PETI masih marak di wilayah tersebut.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Masyarakat Kecamatan Gunung Toar, akui aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin masih marak di wilayahnya dan terbilang aman beroperasi.

"Kalau PETI masih marak di sini," aku sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Selasa (2/3/2021) tadi malam.

Sumber membeberkan, aktivitas PETI ini marak beroperasi di tiga Desa berbeda yang ada di Kecamatan Gunung Toar, seperti Teberau Panjang, Seberang Sungai dan Petapahan.

Bahkan pelaku PETI secara terang - terangan beroperasi di tepi jalan yang ada di Teberau Panjang. "Aparat terkesan santai, bahkan saat akan dirazia mereka sudah tau, diduga ada setoran keamanan," ungkapnya.

Menurut sumber PETI paling marak beroperasi di anak sungai terdapat di dua desa yakni, Teberau Panjang dan Petapahan, khusus Petapahan lokasinya masuk ke dalam.

Sementara di Seberang Sungai, akunya tidak semarak di dua desa tersebut, lokasinya juga masuk ke dalam.

"Diantara PETI - PETI tersebut, diduga ada milik oknum aparat dan keluarga aparat sekaligus jadi penadah hasil tambang," bebernya.

Selain itu, sumber juga sering melihat banyaknya alat berat keluar masuk. Ia menduga pemiliknya berbeda - beda. Kemarin satu alat berat terpantau dari perhatianya, dalam sepekan katanya ada saja alat berat baru yang datang.

"Totalnya ndak tau juga, sebab alat beratnya mirip, sebagian beda. Biasanya lokasi yang di tuju Teberau Panjang dan Seberang Sungai, untuk mengupas material di dua lokasi tersebut," sebutnya.

Sedangkan di Petapahan, PETI menurutnya aktif kembali beroperasi. Beberapa waktu sebelumnya sempat tidak beroperasi, sebab lokasinya viral di medsos.

"Risih dibuatnya, sungai sudah habis. Dulu Teberau Panjang, Selatan dan Barat tak pernah banjir, kini bisa banjir hingga meluap jika hujan sehari semalam, sebab penahan air tidak ada lagi," kenangnya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang