Kamis, 25 Pebruari 2021 17:18

Sejak 2008, RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru Telah Operasi Bibir Sumbing 1800 Orang

RS Islam Ibnu Sina Pekanbaru buka program operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit secara gratis sejak 2008. Sedikitnya 1800 pasien telah dioperasi.

Riauterkini - PEKANBARU - Sejak 2008 rumah sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru hadirkan program operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit-Langit secara gratis. Hingga saat ini tercatat telah ada 1800 pasien yang telah mengikuti program yang dipelopori oleh Alm Dr. drg. Masrial Sp.BM (K).

"Program ini memang kita hadirkan untuk membantu masyarakat yang menjadi pasien bibir sumbing dan celah langit-langit. Sebab program ini kita hadirkan secara cuma-cuma," terang Akmal Hamdi selaku SE, Asisten Manajer Humas & Marketing RS Islam Ibnu Sina, Kamis (25/02).

Terangnya, pasien yang mengikuti program ini bukan hanya berasal dari Riau, ada juga pasien yang datang dari provinsi tetangga. Mulai dari balita hingga dewasa.

Sementara dalam perjalanannya, program ini RS Islam Ibnu Sina menggandeng Yayasan Smile Train Indonesia, PABMI dan PDGI. Rak haya dilakukan di Pekanbaru, program ini kadang juga diboyong keluar daerah bahkan seperti ke daerah Lampung beberapa waktu lalu.

Terdapat beberapa persyaratanya untuk mengikuti operasi gratis bibir sumbing dan celah langit ini. Seperti minimal usianya 4 bulan, berat badan minimal 5 kilogram. Sedang yang untuk celah langit-langit itu berusia 18 bulan.

“Itu persyaratannya untuk kategori bayi. Sedangkan, untuk dewasa itu tidak ada batasan usia,” bebernya

Diluar itu ada juga persyaratan lain seperti pasien tidak dalam keadaan sakit. Baik seperti batuk, pilek, demam dan lain-lain pada saat dilaksanakan operasi tersebut.

Menurutnya, sebagai motor penggerak Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit Langit Dr. drg. Masrial Sp.BM (K) telah membuktikan dedikasinya, namun Allah berkehendak lain Dia telah memanggil hambaNya pada tanggal 26 Januari 2021 kemarin

Sementara sebagai bentuk terimakasih dan penghargaan kepada Alm. Dr. drg. Masrial SpBM (K), RS Islam Ibnu Sina akan menggelar Operasi Bibir Sumbing dan Celah Langit Langit Gratis pada 26-28 Februari 2021 nanti.

"Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar. Saat ini sudah ada 50 orang pasien yang mendaftar," tandasnya.*(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang