Jum’at, 4 Desember 2020 17:14

Puluhan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah di Bengkalis Ikuti Bimtek

Menyusul masih ditemukan banyak kendala dan permasalahan terhadap tata cara pengelolaan, sekitar 40 pengelola pajak dan retribusi PD di Bengkalis mengikuti Bimtek.

Riauterkini-BENGKALIS- Menyusul hasil pemantauan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis terhadap penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah masih ditemukan banyak kendala dan permasalahan terhadap tata cara pengelolaan, aparatur pengelola pajak dan retribusi daerah pada semua organisasi Perangkat Daerah (PD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis dibekali dengan bimbingan teknis (Bimtek).

Penyelenggaraan Bimtek tersebut berlangsung selama tiga hari, 2-4 Desember 2020 dan diikuti sekitar 40 peserta utusan PD. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Kantor Bapenda, Jalan Sudirman, Bengkalis resmi dibuka Kepala Bapenda Supardi, S.Sos, M.H diwakili Sekretaris Bambang Irawan, S.E Rabu (2/12/20).

Pembukaan Bimtek ini ditandai dengan pengalungan tanda peserta kepada para perwakilan aparatur oleh Sekretaris Bapenda, Bambang Irawan.

Kesempatan ini, Bambang mengatakan, Bimtek tentang pengelolaan kepada seluruh aparatur tersebut mulai dari pemahaman tentang potensi pajak daerah dan retribusi daerah, prosedur pemungutan pajak daerah, tata cara pencatatan pajak daerah dan retribusi daerah sampai akhirnya penyusunan pelaporannya.

"Bimtek ini sangat penting, kususnya bagi aparatur pengelola pajak dan retribusi daerah pada semua PD karena berdasarkan hasil pemantauan masih ditemukan banyak kendala dan permasalahan terhadap tata cara pengelolaan pajak dan retribusi tersebut. Sehingga hal ini sangat berpengaruh terhadap pencapaian target pendapatan asli daerah setiap tahun anggaran," ungkapnya, Jumat (4/12/20).

Oleh karena itu, Bambang berharap melalui Bimtek ini meningkatnya keterampilan pengelola pajak dan retribusi daerah setiap PD, persamaan persepsi dan pemahaman serta ketaatan terhadap aturan ketentuan yang berlaku dan ketaatan tertib administrasi.

"Jadi Bimtek ini sangat strategis dalam upaya kita untuk selalu meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik khususnya yang terkait dengan PD pengelola pajak dan retribusi daerah. Demikian pula halnya dengan PD yang terkait agar senantiasa berkoordinasi dan memberikan informasi perkembangan pelaksanaan, realisasi serta kendala dan permasalahan yang dihadapi. sehingga terwujud kerja sama yang semakin baik," imbuhnya.

Ditambahkan Kepala Bidang Pengendalian dan Pengembangan Bapenda Bengkalis, H. Achyan, S.E, Pemkab Bengkalis terus melakukan upaya perbaikan dalam rangka meningkatkan pendapatan asli daerah atau PAD khususnya pajak dan retribusi daerah. Bapenda sudah melakukan revisi terhadap Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, telah dilakukan perbaikan mekanisme dan penyesuaian tarif.

"Saat ini kita juga sedang melakukan perbaikan sistem seperti rencana implementasi pembayaran dan pelaporan pajak secara elektronik, penerapan e-ticketing dan beberapa instrumen pendukung lainnya, dengan bimbingan ini kita berupaya meningkatkan kemampuan personel yang terlibat," imbuh Achyan.***(dik)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang