Kamis, 3 Desember 2020 15:15

Survey Charta Politika: Zukri-Nasarudin Unggul di Pilkada Pelalawan

Lembaga survei Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kabupaten Pelalawan. Hasilnya, paslon Zukri-Nasarudin unggul di Pilkada Pelalawan.

Riauterkini-PELALAWAN -Lembaga survei Charta Politika Indonesia menyelenggarakan survei preferensi politik masyarakat Kabupaten Pelalawan menjelang pencoblosan 9 Desember 2020 mendatang. Survey dilakukan secara tatap muka menggunakan kuisioner pada 600 responden di 12 kecamatan di Pelalawan.

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dalam rilis yang diterima riauterkini.com, Kamis (3/12/2020) mengatakan, pengumpulan data survei dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner terstruktur sejak 16-21 November 2020 lalu.

"Survei ini menggunakan metode multistage random sampling atau acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 4 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen," cakap Yunarto.

Dalam survei ini, lanjut Yunarto, pihaknya menemukan beberapa temuan menarik, seperti tingkat pengenalan masyarakat terhadap calon bupati dan wakil bupati jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang tinggi.

Pertama dari sisi pengenalan Calon Bupati Zukri Misran, memiliki tingkat pengenalan tertinggi. Diikuti, berikutnya, oleh Adi Sukemi, Husni Thamrin dan Abu Mansyur Matridi.

Sementara untuk tingkat pengenalan calon Wakil Bupati tertinggi adalah ada pada nama Nasarudin yang tingkat pengenalannya, bahkan berada di atas nama Husni Thamrin dan Abu Mansyur Matridi. Diikuti, berikutnya, oleh M Rais dan Tengku Edy Sabli dan Habibi Hapri.

Secara rinci, Cabup Zukri Misran memiliki tingkat pengenalan 71,8 persen tingkat kesukaran 95,1 persen. Adi Sukemi tingkat pengenalan 62,8 persen tingkat kesukaan 90,5 persen. Husni Thamrin tingkat pengenalan 53,2 persen tingkat sukanya, 88,4 persen. Abu Mansyur Matridi tingkat kenal 37,8 persen dan tingkat suka 88,1 persen.

Sementara untuk Cabup Nasarudin tingkat pengenalan 59,3 tingkat kesukaan 94,1 persen. Muhammad Rais tingkat pengenalan 47,3 persen tingkat kesukaan 92,6 persen. Tengku Edy Sabli tingkat pengenalan 37,0 persen tingkakesukaan 87,4 persen. Terakhir Cawabup Habibi tingkat pengenalan 34,5 dan tingkat suka 86,9 persen.

Secara perorangan Zukri Misran sebagai Calon Bupati dan Nasarudin sebagai calon Wakil Bupati mendapatkan elektabilitas tertinggi. Elektabilitas Bupati Zukri Misran 35,0 persen, Adi 22,2 persen, Husni Thamrin 10,8 persen dan Abu Mansyur Matridi 25,8 persen.

Sementara wakil bupati Nasarudin 25,5 persen, Muhammad Rais 15,2 persen, Tengku Edy Sabli 10,0 persen dan Habibi Hapri 4,7 persen.

Ditambahkan Yunarto, pada pertanyaan elektabilitas pasangan Zukri-Nasarudin 35,3 persen menjadi pilihan tertinggi responden, mengungguli pasangan Adi Sukemi-M Rais 22,2 persen, Husni Thamrin- Tengku Edy Sabli 11,0 persen dan Abu Mansyur Matridi-Habibi 6,3 persen. Sementara itu terdapat, 25,2 persen responden menyatakan tidak tahu dan tidak menjawab.

Dari penilaian terhadap calon bupati Zukri Misran dinilai sebagai calon bupati yang paling perhatian kepada rakyat dan paling pintar. Sementara pada kategori calon bupati paling religius, Zukri Misran dan Adi Sukemi terlihat berimbang. *(Cho)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang