Senin, 30 Nopember 2020 23:52

Divonis Bersalah, Sekretaris Nahdatul Ulama Inhu Banding

Edi Priyanto menyatakan akan menempuh upaya banding atas vonis yang dijatuhkan oleh Majelis Hakim PN Rengat, Inhu.

Riauterkini-RENGAT- Pasca divonis bersalah di sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) 2020, terdakwa Edi Priyanto, Sekretaris Nahdatul Ulama (NU) Indragiri Hulu (Inhu) menyatakan akan menempuh upaya banding di Pengadilan Tinggi (PT). Penegasan akan melakukan upaya banding di PT Pekanbaru pasca divonis empat bulan penjara, denda Rp 6 juta dan subsider 3 bulan penjara oleh Ketua Majelis Hakim PN Rengat Omori Sitorus, didampingi dua hakim anggota, Imanuel Marganda Putra Sirait, dan Debora Maharani Manulang, Senin 30 November 2020. Sebagaimana disampaikan Edi Priyanto kepada awak media, Senin (30/11/20).

"Saya menghargai dan menghormati putusan yang ditetapkan majelis hakim PN Rengat, walau saya telah menyatakan pikir-pikir saat ditanya majelis hakim tadi, namun setelah saya berkonsultasi lebih jauh dengan penasehat hukum saya memutuskan untuk menggunakan hak saya dengan melakukan upaya banding di Pengadilan Tinggi," tegas pria yang juga menjabat Kepala Desa (Kades) Talang Jerinjing, Kecamatan Rengat Barat, Inhu.

Sebagaimana diketahui, Edi Priyanto dikenal aktif di berbagai organisasi termasuk menjabat Sekretaris NU Kabupaten Inhu. Dalam jabatan Sekretaris NU Inhu, Edi Priyanto tersandung kasus sengketa Pilkada.

Saat itu dirinya diundang oleh Pengurus Ansor Banser Inhu untuk membahas persiapan menghadapi Hari Santri Nasional (HSN) dilaksanakan pada 22 Oktober 2020, dan persiapan Konfercab Ansor, serta persiapan kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD).

Selesai rapat, sempat digelar deklarasi dukungan terhadap Paslon Bupati dan Wakil Bupati Inhu nomor urut 2, Rezita Meylani Yopi, SE oleh pengurus Ansor Banser Inhu. Aksi deklarasi tersebut rupanya direkam dan mengantarkan Edi Priyanto ke meja persidangan dengan rekaman deklarasi tersebut sebagai barang bukti di persidangan.***(guh)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang