Rabu, 25 Nopember 2020 09:36

Cawako Meninggal, Tak Ada Perubahan di Pilkada Dumai

Salah satu peserta pilkada Dumai meninggal. Pilkada serentak Dumai tetap berjalan sesuai jadwal.

Riauterkini-PEKANBARU-Salah satu peserta pilkada Dumai, Eko Suharjo (cawako) meninggal dunia hari ini, Rabu dini hari (25/11/20). Sebagai peserta pilkada Dumai, kondisi tersebut sedikit banyak berpengaruh pada peta politik di Dumai.

Namun, hal itu tidak berpengaruh secara signifikan pada pelaksanaan pilkada Dumai. Karena, menurut Komisioner KPU Riau, Nugroho Noto Susanto. Menurutnya, tidak ada perubahan di jadwal maupun logistik yang menyertakan nama dan gambar peserta pilkada di Dumai.

"Kami mendapatkan kabar bhw salah satu calon Walikota dumai meninggal dunia. Kami juga sudah konfirmasi ke KPU Dumai, kabar tersebut benar adanya," terang Nugroho Noto Susanto.

Menurutnya, berdasarkan UU pemilihan 10 tahun 2015 pasal 54 ayat 7 dan 8, dan PKPU 1 Tahun 2020 pasal 79 ayat 2 huruf b tentang pencalonan pemilihan 2020, maka bagi calon yang meninggal dunia dalam waktu kurang dari 30 hari sebelum pemungutan suara maka tidak dilakukan Penggantian calon.

Surat suara, tambahnya, tetap menyebut nama calon yang bersangkutan dan calon wakil Walikota nya. Perolehan suara pada hari pemungutan suara akan tetap dihitung dan berlaku.*(H-we)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang