Sabtu, 21 Nopember 2020 14:09

Penerbangan Sehat di Bandara SSK II, Cegah Penularan Covid-19

Bandara SSK II Pekanbaru, konsisten menerapkan protokoler kesehatan di kawasan itu, guna menciptakan penerbangan yang sehat.

Riauterkini - PEKANBARU - Bandara SSK II Pekanbaru, konsisten menerapkan protokoler kesehatan di kawasan bandara, guna menciptakan penerbangan yang sehat.

Menurut GM Angkasa Pura II Pekanbaru, Yogi Prasetyo Suwandi, pekan lalu, saat ini SSK II menerapkan konsep biosecurity management.

Ada 5 hal wajib dijalankan dan diikuti oleh penumpang sebelum dan setelah melakukan perjalanan menggunakan pesawat udara. Yakni physical distancing, health screening, passenger touchless processing, people protection, dan facility cleanliness.

Yogi menjabarkan bagiamana konsep biosecurity management itu berjalan.

Pertama, physical distancing, yang mewajibkan penumpang menjaga jarak selama berada di terminal. Terutama di seluruh tempat antrean, ditata sedemikian rupa, agar tak terjadi kontak fisik antar penumpang.

Healt screening, diterapakan untuk seluruh penumpang. Menggunakan sejumlah alat, di antaranya pengukur suhu tubuh jenis thermal scanner. Alat ini bekerja mendeteksi penumpang yang berlalu lalang, didukungn perangkat kamera dan komputer.

"Dengan thermal scanner kita bisa melihat di layar komputer kondisi suhu tubuh penumpang. Kalau terdeteksi suhu tubuh yang tidak sehat, maka kami langsung melakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap penumpang bersangkutan," ujarnya.

Lanjut Yogi, pada konsep passenger touchless processing, paralatan yang digunakan bandara SSK II tidak menggunakan sentuhan tangan. Ini membuat layanan lebih praktis, misalnya di area pintu masuk bandara, pengambilan tiket tidak lagi menggunakan sentuhan tangan.

Selanjutnya people protection, Bandara SSK II mewajibakan seluruh penumpang dan petugasnya menggunakan alat pelindung diri. Terutama wajib masker, fashield, dan sebagainya.

Di sisi kebersihan bandara, SSK II secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area tanpa terkecuali. Titik-titik layanan sibuk, juga disediakan handsanitizer.

"Dengan begitu penumpang aman dan nyaman. Kami selalu memastikan semua layanan berjalan maksimal. Semua harus dipastikan bersih. Yang jelas semua protokol kesehatan kita pertahankan, dari awal pandemi. Ada juga protokol kesehatan yang kami lakukan pembaruan sehingga ada peningkatan," ujarnya.

"Bandara SSK II selalu melakukan evaluasi terhadap protokol yang telah berjalan, sehingga semua fasilitas berjalan dengan baik dan buat penumpang nyaman," tambahnya.

Ditambahkannya, untuk membuat layanan lebih maksimal, di sisi petugas juga rutin dilakukan pengecekan suhu tubuh menjelang bertugas, dan memberikan rapid test secara berkala.*(arl)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang