Kamis, 22 Oktober 2020 20:18

Bapenda Bengkalis Optimis Capai Target RPJMD

Pj. Bupati Syahrial Abdi meminta agar Bapenda maksimalkan potensi bersama PD lainnya dalam meningkatkan PAD dan pendapatan lain-lain yang sah. Optimis target RPJMD tercapai.

Riauterkini-BENGKALIS- Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi meminta agar potensi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) maupun pendapatan lain-lain yang sah diupayakan secara maksimal. Agar, memenuhi target sebagaimana tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Bengkalis yang sudah ditetapkan.

Demikian disampaikan Pj. Bupati Syahrial Abdi saat menghadiri kegiatan ekspos Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bengkalis didampingi Kepala Bapenda, Supardi, S.Sos, M.H, Kamis (22/10/20) siang.

"Saya meminta Bapenda ekspos terkait pencapaian tujuannya adalah kita sama-sama tahu bahwa Kabupaten Bengkalis pendapatan daerah bergantungan pada tertingginya itu dari perimbangan. Sementara di sektor PAD atau PAD lain-lain yang sah serta pengelolaan kekayaan yang sah itu adalah sumber-sumber pendapatan yang masih bisa ditingkatkan," ungkapnya.

Kemudian, sambung Abdi pendapatan dari perimbangan terus tergerus dan turun apalagi diketahui bersama ketidakcapaian produksi minyak dan gas (Migas) nasional diprediksi tahun 2021 semakin berkurang, oleh karena itu harus ada upaya untuk meningkatkan atau intensifikasi penerimaan dengan cara meningkatkan PAD dan jika tidak Kabupaten Bengkalis akan keteteran.

"Sementara program kita berpatokan pada RPJMD dan harus diingat kita punya rencana pembangunan jangka panjang atau RPJP. Nah, jika menengahnya saja tidak tercapai bagaimana dengan jangka panjangnya?," tanya Abdi.

Kesempatan ini, Abdi juga mengajak kepada seluruh perangkat daerah (PD) terkait untuk berfikir strategis. Tidak hanya menyelesaikan masalah, tetapi juga untuk menyiapkan strategi agar tujuan yang direncanakan bisa tercapai.

"Jadi saya mengajak kawan-kawan untuk berfikir strategis agar tujuan yang direncanakan bisa tercapai. Saya selaku Pj bupati akan mengakhiri periode ini saya punya kekhawatiran jangan-jangan masih ada rencana yang dijalankan sesuai dengan RPJMD. Saya dorong semua PD sesuai dengan target yang sudah ada dalam RPJMD dan tidak ada target yang baru," katanya lagi.

Dia menambahkan, ketika nanti terjadi kesenjangan dengan RPJMD dengan realisasinya dan secara logika sudah tidak mampu dicapai. "Ayo sama-sama kita lakukan justifikasi atau penyesuaian, apa penjelasannya atau alasannya? Dan harus dipikirkan dari sekarang, dan kita berharap terjustifikasi dengan baik semua upaya dan tindakan-tindakan kita, tidak ada yang melenceng dari aturan dan ketentuan yang berlaku. Kalau sudah baik kita sempurnakan kalau belum baik kita rapikan," tutupnya.

Sementara itu terkait dengan ekspos tersebut, Kepala Bapenda Bengkalis Supardi mengatakan, dengan adanya kunjungan dari Pj bupati bertujuan untuk memberikan pengarahan tentang kesesuaian antara program yang telah ditetapkan dalam RPJMD dan APBD khususnya 2020 dan 2021.

"Untuk tahun 2021 program-programnya harus sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam RPJMD," ujarnya.

Kemudian, terkait dengan peningkatan PAD, ada dua poin yang penting yakni mengenai pajak daerah harus ditingkatkan dan terus menggali potensi-potensi sesuai dengan ketetapan yang ada di RPJMD khususnya di tahun 2021. Pada tah