Kamis, 22 Oktober 2020 11:17

Panen Sayur, Pj Bupati Kuansing Himbau Stop Alih Fungsi Lahan Pertanian

Pejabat Bupati Kuansing menghimbau alih fungsi lahan pertanian dihentikan. Kebutuhan pangan akan terus meningkat.

Riauterkini - TELUKKUANTAN - Pjs Bupati Kuantan Singingi, Riau, Roni Rakhmat meminta masyarakat agar tidak mengalih fungsikan lahan pertanian menjadi tanaman sawit.

"Kami minta masyarakat tidak mengalih fungsikan lahan pertanian. Tanam saja dengan tanaman seperti padi dan atau palawija lainnya. Jangan sampai lahan persawahan ditanami sawit," pinta Pjs Bupati saat panen raya di Desa Teberau Panjang kemarin.

Pemanfaatan lahan persawahan menurut Roni, perlu diberdayakan supaya ketahanan pangan dapat terpenuhi, terutama untuk memenuhi kebutuhan di daerah, sehingga masyarakat terbantu.

Apalagi saat ini panen sudah dua kali setahun, khususnya yang ada di Desa Teberau Panjang, sehingga  masyarakat bisa meningkatkan produksi menuju swasembada pangan.

"Biasanya kan cuma sekali setahun, sekarang sudah dua kali, tentunya ini mesti kita syukuri, karena bisa mengatasi krisis pangan di Kuansing," kata Roni.

Maka dari itu, Roni mengajak masyarakat Kuansing, untuk memanfaatkan lahan -lahan kosong atau lahan tidur, agar ditanam dengan tanaman yang menopang kehidupan.

"Pemerintah akan senantiasa membantu masyarakat dalam memenuhi sarana prasarana pertanian," beber Roni.

Pemkab berkomitmen meningkatkan ketahanan pangan sebagai antisipasi kelangkaan pangan dan akan selalu berupaya memikirkan kuantitas produksi.

"Kami berharap seluruh petani di Kuansing melakukan pananaman padi dua kali setahun. Untuk teknisnya, kita minta Dinas Pertanian supaya bisa merata," pintanya.* (Jok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang