Rabu, 21 Oktober 2020 16:05

Diresmikan Pjs Bupati Rohul,
Ponpes Daarul Quran Darussalam Punya Green House Agrowisata Organik Dibantu BI

Green house agrowisata organik Ponpes Daarul Quran Darussalam, mulai digunakan setelah diresmikan Pjs Bupati Rohul.

Riauterkini-KUNTO DARUSSALAM- Pondok Pesantren (Ponpes) Daarul Quran Darussalam, Desa Bukit Intan Makmur, Kecamatan Kunto Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), sudah punya green house agrowisata organik.

Green house agrowisata organik milik Ponpes Daarul Quran Darussalam, bantuan dari program bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) Departemen Ekonomi Keuangan Syariah (Desk) Bank Indonesia (BI) tahun 2020 tersebut diresmikan pejabat sementara (Pjs) Bupati Rohul Drs H Masrul Kasmy, M.Si, Selasa (20/10/2020).

Pada peresmian, Pjs Bupati Rohul didampingi Pjs Ketua PKK Rohul Tengku Reny Azmahrani, S.Pi, dihadiri Deputi Ketua Perwakilan BI Riau Asral Mashuri, Kakan Kemenag Rohul Syahrudin MSy, Ketua Forum Komunikasi Ponpes Riau Kyai Zainal Abidin, Camat Kunto Darussalam, Kades, dan tokoh masyarakat Buya Alaidin.

Kepala Ponpes Daarul Quran Darussalam, Ahmad Siregar, S.Pd.I, mengatakan green house agrowisata organik ini merupakan bantuan dari BI melalui program PSBI Desk.

Bantuan dari BI ini merupakan wasilah dari Forum Komunikasi Pondok Pesantren (FKPP) Provinsi Riau untuk perkembangan tujuh Ponpes di Kabupaten Rohul.

Ahmad Siregar mengaku bantuan ini merupakan suatu hal sangat berharga bagi Ponpes Daarul Quran Darussalam, Kecamatan Kunto Darussalam.

"Sebenarnya pondok pesantren kami awalnya tidak terpilih, namun dikarenakan ada salah satu pesantren yang tidak merespon, maka dengan kuasa Allah SWT bantuan diberikan kepada kami, makanya bantuan ini sampai pada kami," jelas Ahmad Siregar.

Sementara, Pjs Bupati Rohul Masrul Kasmy, mengucapkan terima kasih ke BI yang membantu tujuh Ponpes berupa green house agrowisata organik, karena dapat mengajarkan kemandirian dan kreativitas santri.

"Sebab kreativitas merupakan bagian yang terpenting dalam hidup. Adanya green house agrowisata organik ini insyaallah akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama Ponpes. Jika bantuan masih ada akan sangat diharapkan lagi bagi Ponpes yang lainnya," harapan besar Pjs Bupati Rohul.

Masrul menuturkan Ponpes sudah punya dasar modal dengan bisa memanfaatkan potensi. BI sendiri sudah memberikan bantuan sehingga tinggal bagaimana memanfaatkan peluang dari potensi yang sudah ada.

Pria yang pernah menjabat Wakil Bupati Kepulauan Meranti ini menerangkan, terkait pembangunan Ponpes Daarul Quran Darussalam, akan mengupayakan dan bisa diisukan melalui APBD Rohul dan membutuhkan waktu.

Selain APBD, sambung Masrul, pembangunan Ponpes sebenarnya bisa melalui pihak ketiga, yakni bantuan CSR perusahaan yang peduli karena tanggung jawab pendidikan, termasuk keterlibatan seluruh komponen masyarakat.

Masih di acara sama, Deputi Ketua Perwakilan BI Riau Asral Mashuri berkesempatan menyerahkan cinderamata kepada Pjs Bupati Rohul, yakni berupa uang pecahan Rp 75 ribu keluaran terbaru dari BI di HUT RI ke-75.

Asral mengatakan uang baru ini sengaja dikeluarkan setiap 25 tahun pada hari kemerdekaan RI, dan akan dikeluarkan lagi pada 2045, atau di usia Indonesia ke-100 tahun dengan pecahan Rp 100 ribu.

Di akhir acara, Pjs Ketua TP PKK Rohul bersama PJs Bupati Rohul, meresmikan green house agrowisata organik Ponpes Daarul Quran Darussalam ditandai dengan pemotongan pita. Setelahnya, rombongan melihat langsung seisi green House.***(zal)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang