Rabu, 21 Oktober 2020 14:44

Dampak Covid-19, Program Pembangunan Jalan Desa di Rohul Kena Pangkas

Program peningkatan jalan desa tahun anggaran 2020 kena pangkas karena dampak Covid-19. Hanya sebagian kecil desa yang tersentuh program.

Riauterkini-PASIRPENGARAIAN- Anggaran program pembangunan jalan 1 kilometer (Km) per desa di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, kena pangkas. Hanya 25 desa yang menerima program di 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rohul, Anton ST, MM, mengatakan awalnya dinas mengajukan anggaran peningkatan jalan desa 2020 lebih dari Rp 165 miliar untuk program peningkatan jalan 1 Km per desa.

Melalui enam kali perubahan saat proses pembahasan di DPRD Kabupaten Rohul, anggaran peningkatan jalan desa kena pangkas, dan anggaran disetujui Rp 115 miliar.

Dampak pengurangan anggaran, jelas Anton, juga berdampak terhadap realisasi panjang jalan, dari sebelumnya 1 Km menjadi 500 meter atau setengah Km per desa.

"Jadi hanya 25 desa yang mendapatkan program peningkatan jalan tahun 2020 ini. Anggaran kena pangkas karena untuk penanganan Covid-19," ungkap Anton didampingi Sekretaris Dinas PUPR Rohul H Zulfikri ST, serta Kabid Sarana Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rohul Khoirul Fahmi, Rabu (21/10/2020).

Anton mengungkapkan 25 desa yang mendapat program peningkatan jalan tersebar di 12 kecamatan, yaitu di Kecamatan Tambusai Utara 6 desa, Tambusai 2 desa, Kecamatan Kepenuhan 2 desa.

Selanjutnya, Kecamatan Ujung Batu 2 desa, Kunto Darussalam 2 desa, Rambah Samo 2 desa, Rokan IV Koto 1 desa, Tandun 2 desa, Rambah 3 desa, Kepenuhan Hulu 1 desa, Rambah Hilir 1 desa, dan Kecamatan Bangun Purba 1 desa.

Selain peningkatan jalan di 25 desa, kata Anton, Dinas PUPR Kabupaten Rohul juga tengah melakukan peningkatan satu jalur jalan Lingkar Pasirpengaraian sepanjang 2,1 Km, yaitu antara simpang tiga Rumah Sakit Surya Insani sampai simpang Kampung Baru Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah.

"Tentunya dengan peningkatan jalan di beberapa desa ini dapat membantu masyarakat dan meningkatkan infrastruktur perekonomian," tutur Anton.

Selain itu, sambung Anton, Dinas PUPR Provinsi Riau juga tengah melakukan perbaikan ruas jalan lintas provinsi (Jalinprov) di tiga titik, yaitu ruas jalan Kabun ke Tandun, Tandun-Ujung Batu, Ujung Batu-Rokan IV Koto, dan Rokan IV Koto sampai batas Sumatera Barat.

"Sedangkan untuk jalan di Sontang sudah dilakukan perbaikan dibantu pihak perusahaan yang ada di Kecamatan Bonai Darussalam," pungkas Anton.***(zal)



Loading...

 

BERITA TERKAIT :

 
riauterkini.com © 2003-2017 "Memantau Riau Detik Perdetik"
Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang