Rabu, 21 Oktober 2020 09:52

Operasi Microsleep, Pengendara Tol Permai Mengantuk Diberi Kopi

Selain dicek kesehatan, pengendara mengantuk diberi kopi. Ini bagian kegiatan operasi microsleep, guna meminimalisir kecelakaan.

Riauterkini - PEKANBARU - Pengelola jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) lakukan pengecekan kesehatan pengendara yang melintas.

Kegiatan yang diberi nama operasi microsleep (mengantuk) digelar mulai pukul 02.00 dini hari hingga pukul 05.00 pagi. Dengan tujuan guna memastikan kesiapan fisik para sopir yang melintas di jalur bebas hambatan tersebut.

"Kita ingin memastikan dari kegiatan ini (operasi microsleep) para pengendara dalam keadaan prima. Karena dari beberapa kecelakaan terjadi di tol disebabkan selain kecepatan tinggi juga faktor kelelahan atau mengantuk," kata Kepala Bagian Operasi Tol Permai, Muhammad Fitriandri, Rabu (21/10/20).

Melalui operasi microsleep ini, faktor human eror tersebut diharapkan dapat diminimalisir. Setiap pengendara yang tidak dalam keadaan prima atau kelelahan diminta beristirahat dan diberi minuman kopi, snack dan makanan lainnya.

Sementara, pengendara yang dalam keadaan prima, dipersilahkan melanjutkan perjalanan, setelah diperiksakan kesehatannya di resk area 45 A. Ada pun petugas gabungan yang turut dalam kegiatan ini, mulai Patroli Jalan Raya (PJR) PT Hutama Karya (HK) dan kepolisian, tim medis termasuk Himpunan Keselamatan Transportasi Masyarakat (Hikatama) selaku menginisiasi kegiatan operasi microsleep ini.

"Selain pengecekan kesehatan, kita berikan edukasi dan masker kepada pengendara. Kami berharap, kecelakaan di jalan tol ini tak terjadi lagi. Dalam kegiatan ini, kami juga tetap mengekedepankan protokol kesehatan," ungkapnya.

Alasan kegiatan dilaksanakan pada dini hari hingga pagi tersebut karena pada jam ini kondisi pengendara kurang fit. Sementara pemilihan di resk area 45 A, karena banyak terjadi kecelakaan di sekitaran lokasi ini. Hanya saja, operasi microsleep hanya sehari ini saja.

Sementara Panit III tol Permai Ipda M Ramelan menyatakan petugas polisi lalulintas yang disiapkan sebanyak 19 personil. Sedangkan mobil patroli sebanyak tujuh unit.***(mok)

Loading...

 

BERITA TERKAIT :